Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Model Connected Mathematics Project (CMP) dan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis

Main Article Content

Ernawati Ernawati
Amidi Amidi

Abstract

Mata pelajaran matematika memiliki suatu tujuan dalam pembelajaranya diantaranya yaitu untuk memhamkan konsep dasar matematika, menjelaskan hubungan diantara konsep dasar dengan penerapan konsepnya atau algoritma. Bentuk aljabar menjadi konsep dasar yang perlu dipahami dalam pembelajaran aljabar sebelum dikaitkan dengan materi selanjutnya. Kemampuan matematis yang perlu dimiliki oleh peserta didik yaitu kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis secara umum berarti menghubungkan antar konsep matematika, menghubungkan antara konsep matematika dengan ilmu lain dan meghubungkan konsep matematika dengan dunia nyata. Upaya membantu peserta didik meningkatkan kemampuan koneksi matematis yaitu menggunakan bahan ajar berbasis outdoor learning. Outdoor learning adalah strategi pembelajaran memanfaatkan lingkungan sekitar dalam kegiatan belajar. Model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) merupakan model pembelajaran yang memfokuskan pada proyek terkait dengan koneksi matematis. Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan saintifik yaitu kegiatan pembelajaran yang didesain agar peserta didik aktif dalam membangun pengetahuan dengan tahapan saintifik. Hasil studi menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis outdoor learning denga model pembelajaran connected mathematics project dan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Hasil studi tersebut dapat dijadikan penelitian lanjutan yang menarik untuk diteliti yaitu proses  pengembangan bahan ajar berbasis outdoor learning dengan model connected mathematics project dan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis.

Article Details

How to Cite
Ernawati, E., & Amidi, A. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Model Connected Mathematics Project (CMP) dan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 559-564. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54691
Section
Articles

References

Siagian, M. D. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Educations and Sciences, 2(1), 58-67.
O'Brien, A., & Ní Ríordáin, M. (2017). Examining difficulties in initial algebra: Pre-requisite and algebra content areas for irish post-primary studnets. 10th Congress of European Research in Mathematics Education.
Sartika, N. S., & Rifa'i, R. (2018). Penerapan Model Connected Mathematic Project untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Aliyah. Journal of Mathematics Learning, 1(2), 10-17.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Latif, S., & Akib, I. (2016). Mathematical Connection Ability in Solving Mathematics Problem Based on Initial Abilities of Students at SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2).
Muin, A., dkk. (2014). The Achievement of Mathematical Connection Skills Based On Cognitive Level Through Means and Analysis (MEA) Strategy Of Learning. Proceeding Of International Conference On Research , Implmentation and Education Of Mathematics And Science Yogyakarta State University, 23.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.
Rohendi, D., & Dulpaja, J. (2013). Connected Mathematics Project CMP Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junior High School Student. Journal of education and practice, 4(4).
Agusta, A. R., & Noorhapizah. (2019). Penerapan Strategi Outdoor Learning untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2).
Kardjono, J. (2013). Emotional Control Through The Outdoor Education Program. Future faces: Outdoor education research innovations and visions. The Sixth International Outdoor Education Research Conference, 77-83.
Kurniasih. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapannya. Bandung: Kata Pena.
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group.
Rifa'i, & Anni. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Lappan, G., Fey, J. T., Fitzgerald, W. M., Friel, S. N., & Philips, E. D. (2002). Getting to Know Connected Mathematics: An Implementation Guide. New Jersey: Prentice Hall.
Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. JPII: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28-35.
Harte, H. A. (2013). Universal design and outdoor learning. Dimensions of Early Childhood, 18-22.