Penguatan Literasi Guru SMP Negeri 41 Semarang terhadap Implementasi Model Pembelajaran Challenge Based Learning

Main Article Content

Adi Satrio Ardiansyah
Mulyono Mulyono
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)
Mashuri Mashuri
Detalia Noriza Munahefi
Nur Maulana Ikhsan
Nadiya Maysun Salwaa
Isna Devita Nurul Nazzala

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh maupun hybrid selama New Normal menjadi tantangan tersendiri bagi Guru SMP Negeri 41 Semarang. Capaian pembelajaran harus terpenuhi dengan segala keterbasan yang ada. Kebijakan implementasi Kurikulum Merdeka menjadi permasalahan lain dalam melaksanakan pembelajaran. Guru perlu memikirkan model pembelajaran yang tepat dan cocok dengan metode Cased-Method dan Team-based Project. Hal ini menimbulkan masalah tersendiri mengingat literasi guru terhadap model pembelajaran yang inovatif masih minim. Participatory Action Research dilakukan melalui kegiatan penguatan literasi sebagai alternatif solusi terhadap masalah tersebut. Kegiatan telah terlaksana di SMP Negeri 41 Semarang pada 5 Juli 2021 dengan topik implementasi model Challenge based Learning (CBL). CBL sebagai salah satu model inovatif dapat diintegrasikan baik untuk Cased-Method atau Team-based Project. Hasil dari kegiatan tersebut, literasi guru terhadap implementasi model CBL meningkat dengan skor n-gain sebesar 0,42. Hasil angket kepuasan kegiatan menunjukkan skor akhir 3,27. Hasil tersebut menunjukkan bahwa implementasi model CBL memberikan pengalaman yang berharga dalam rangka menguatkan literasi guru. Pengembangan atas kegiatan serupa perlu dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab akademisi dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan. Focus Group Discussion dapat dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan di lapangan dan pencarian solusi atas masalah tersebut. Dengan demikian, permasalahan terkait pembelajaran selama New Normal dapat teratas dengan baik.

Article Details

How to Cite
Ardiansyah, A. S., Mulyono, M., (Nino Adhi), N., Mashuri, M., Munahefi, D., Ikhsan, N., Salwaa, N., & Nazzala, I. (2023). Penguatan Literasi Guru SMP Negeri 41 Semarang terhadap Implementasi Model Pembelajaran Challenge Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 104-110. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66479
Section
Articles

References

Apple, I. (2009). Challenge based learning: A classroom guide.
Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2018). Student’s creative thinking skill and belief in mathematics in setting challenge based learning viewed by adversity quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 61-70.
Ardiansyah, A. S., & Asikin, M. (2020, June). Challenging students to improve their mathematical creativity in solving multiple solution task on challenge based learning class. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 2, p. 022088). IOP Publishing.
Ardiansyah, A. S., Fiyanti, R. A., & Hamidah, F. S. (2021, June). CB-BL model (challenge based on blended learning) for mathematical creativity. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1918, No. 4, p. 042065). IOP Publishing.
Ardiansyah, A. S., Agung, G. H., Cahya, N. D., & Dinasari, A. (2022, February). Upaya Mengembangkan Keterampilan 4C melalui Challenge Based Learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 627-637).
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.
Johnson, L. & S. Adams. 2011. Challenge Based Learning: The Report from Implementation Project. Austin, Texas: The New Media Consortium.
Koskinen, R., & Pitkäniemi, H. (2022). Meaningful learning in mathematics: A research synthesis of teaching approaches. International electronic journal of mathematics education. 17(2), 0679
Malmqvist, J., Rådberg, K. K., & Lundqvist, U. (2015, June). Comparative analysis of challenge-based learning experiences. In Proceedings of the 11th International CDIO Conference, Chengdu University of Information Technology, Chengdu, Sichuan, PR China (pp. 87-94).Nawawi, S. (2016). Potensi model pembelajaran challenge based learning dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 212-223.
Nawawi, S. (2017). Developing of module challenge based learning in environmental material to empower the critical thinking ability. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 212-223.
Nichols, M., K. Cator, & M. Torres. 2016. Challenge Based Learner User Guide. Redwood City, CA: Digital Promise.
Nurlaili, N., Afriansyah, D., & Nuri, Y. A. (2017). INFLUENCING OF CHALLENGE BASED LEARNING MODEL TOWARD CRITICAL THINKING ABILITY OF THE STUDENTS ON ENVIRONMENT MATERIAL IN X GRADE AT SMA NEGERI 4 PRABUMULIH. Jurnal Pena Sains, 4(2), 97-104.
Palenti, C. D., & Zulkarnain, R. (2019). Challenge-based Learning and Collaborative Skills. Journal of Nonformal Education, 5(2), 167-173.
Sodikin, S., Suparmi, S., & Sarwanto, S. (2014). Penerapan Model Challenge Based Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(3), 129-139.
Sodikin, S. (2015). Pengaruh Challenge Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Proyek Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Keingintahuan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 4(1), 121-132.