Penelitian Tahap Operasional Konkret Anak Usia 9-10 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Berat Menurut Teori Perkembangan Piaget

Main Article Content

Adam Yusril Mahesa
Rani Safrilia Fitri
Yolanda Herlina
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan aspek yang sangat penting dalam tumbuh kembang seorang
anak. Salah satunya tahap operasional konkret yang meliputi hukum kekekalan berat. Hukum
kekekalan berat menyatakan bahwa berat suatu benda akan tetap meskipun bentuk, tempat, dan atau
penimbangan benda tersebut berbeda. Pada umumnya anak akan memahami hukum kekekalan
berat setelah berusia sekitar 9 – 10 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah anak
pada usia rentang 7-12 tahun sudah dapat memahami hukum kekekalan berat pada tahap
operasional konkret menurut teori piaget. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menanyakan kepada anak mengenai 2 buah plastisin
dengan bentuk dan berat yang sama kemudian merubah salah satu bentuk plastisin menjadi pipih.
Peneliti mengambil 4 sampel anak yang berada di sekitarnya, 1 anak di bawah usia teori, 2 anak
berada pada usia teori, dan 1 anak di atas usia teori. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1
dari 4 anak yang dites memberikan jawaban yang sudah memahami teori perkembangan kognitif
tentang hukum kekekalan berat yaitu anak di atas usia teori. Kesimpulannya hasil penelitian tidak
sesuai dengan teori piaget yang menyatakan bahwa anak yang sudah sesuai dengan usianya berada
dalam tahap berpikir konkret sudah memahami konsep kekekalan berat namun kenyataannya masih
terdapat kasus anak yang masih belum memahami konsep kekekalan berat.

Article Details

How to Cite
Mahesa, A., Fitri, R., Herlina, Y., & (Nino Adhi), N. (2023). Penelitian Tahap Operasional Konkret Anak Usia 9-10 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Berat Menurut Teori Perkembangan Piaget. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 18-24. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66488
Section
Articles

References

Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap perkembangan kognitif matematika siswa SMP kelas VII
berdasarkan teori Piaget ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. JPPM (Jurnal Penelitian dan
Pembelajaran Matematika), 10(2), 25-30.
Alhaddad, I. (2012). Penerapan teori perkembangan mental piaget pada konsep kekekalan
panjang. Infinity Journal, 1(1), 31-44.
Bahriani, Devi. (2021). Penerapan Teori Belajar Jean Piaget dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar
Negeri 101115 Sihaborgoa Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi. Tapanuli
Selatan : Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.
Evilia S.W. (2016). Analisis Pengembangan Kognitif Melalui Kegiatan Mengelompokkan Benda Di Kb
Maju Bersama Tahun Pelajaran 2015/2016.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam
Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif
Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of
Mathematics Education and Application, 1(3), 316-327.