Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Peserta Didik dalam Memahami Hukum Kekekalan Luas

Main Article Content

Anindya Nabila Khairunnisa
Angela Anatasya Regina Bangun
Lubna Rihadatul Aisy
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberlakuan teori tahapan perkembangan kognitif Piaget tahap operasional konkret, dan pemahaman konsep kekekalan luas pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara yang terdiri dari tiga pertanyaan. Subjek penelitian ini berjumlah empat orang yaitu satu peserta didik berusia 7 tahun, satu peserta didik berusia 8 tahun, satu peserta didik berusia 9 tahun, dan satu peserta didik berusia 10 tahun. Dalam penelitian ini, subjek pertama belum memahami hukum kekekalan luas, sedangkan subjek kedua, ketiga, dan keempat sudah memahami hukum kekekalan luas. Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah keberlakuan teori tahapan perkembangan kognitif Piaget tahap operasional konkret dapat berlaku juga pada peserta didik subjek pertama, kedua, ketiga, dan keempat, sehingga sudah sesuai dengan teori perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Piaget.

Article Details

How to Cite
Khairunnisa, A., Bangun, A., Aisy, L., & (Nino Adhi), N. (2023). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Peserta Didik dalam Memahami Hukum Kekekalan Luas. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 147-155. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66578
Section
Articles

References

Hidayati K. (2012). Pembelajaran Matematika Usia SD/MI Menurut Teori Belajar Piaget. STAIN Ponorogo.
Hindun, S dan Ruseffendi, E.H. 2018. Apakah Teori Perkembangan Kognitif Piaget Berlaku di Indonesia?. UNINUS Journal Published Vol. 3(2), hal: 99-103
Ramlah. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Kongkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Ruseffendi, E.T. (1990). Pengajaran Matematika Moderen dan Masa Kini Untuk Guru dan PGSD D2 (seri kedua). Bandung: Tarsito
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.