Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Peserta Didik dalam Memahami Hukum Kekekalan Luas
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberlakuan teori tahapan perkembangan kognitif Piaget tahap operasional konkret, dan pemahaman konsep kekekalan luas pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara yang terdiri dari tiga pertanyaan. Subjek penelitian ini berjumlah empat orang yaitu satu peserta didik berusia 7 tahun, satu peserta didik berusia 8 tahun, satu peserta didik berusia 9 tahun, dan satu peserta didik berusia 10 tahun. Dalam penelitian ini, subjek pertama belum memahami hukum kekekalan luas, sedangkan subjek kedua, ketiga, dan keempat sudah memahami hukum kekekalan luas. Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah keberlakuan teori tahapan perkembangan kognitif Piaget tahap operasional konkret dapat berlaku juga pada peserta didik subjek pertama, kedua, ketiga, dan keempat, sehingga sudah sesuai dengan teori perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Piaget.
Article Details
References
Hindun, S dan Ruseffendi, E.H. 2018. Apakah Teori Perkembangan Kognitif Piaget Berlaku di Indonesia?. UNINUS Journal Published Vol. 3(2), hal: 99-103
Ramlah. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Kongkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Ruseffendi, E.T. (1990). Pengajaran Matematika Moderen dan Masa Kini Untuk Guru dan PGSD D2 (seri kedua). Bandung: Tarsito
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.