Pemanfaatan Virtual Manipulatives Berbasis Learning Community Sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital

Main Article Content

Chandra Anggyetta Pramesti
Siti Maryatul Kiptiyah
Eko Purwanti
Panca Dewi Purwanti
Adi Satrio Ardiansyah
Aldina Eka Andriani

Abstract

Pendidik perlu melakukan up-grading diri dengan meningkatkan kemampuan literasi digital untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi yang sangat pesat di era revolusi industri 4.0. Keterbatasan keterampilan pendidik dalam memanfaatkan sumber belajar dan alat peraga virtual patut menjadi perhatian, seperti halnya yang dialami guru- guru di KKGMI Ngaliyan. Pengadaan kegiatan pelatihan pemanfaatan Virtual Manipulatives dalam pembelajaran menjadi salah satu solusi yang tepat. Kegiatan pelatihan dan pendampingan melalui Workshop Pelatihan Pemanfaatan Virtual Manipulatives Berbasis Learning Community Sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital bagi Guru KKGMI Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi dalam mengembangkan produk berupa Virtual Manipulatives. Metode yang digunakan adalah pre-test, post-test, ceramah, diskusi dan tanya jawab, demonstrasi, serta pendampingan dan penugasan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat adalah sebagai berikut. Pertama, peserta workshop semakin paham terhadap literasi digital. Kedua, peserta workshop menunjukkan peningkatan pemahaman tentang Virtual Manipulatives. Keduanya terlihat dari hasil pre- test dan post-test. Ketiga, peserta workshop dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensinya dalam mengembangkan produk berupa Virtual Manipulatives yang lebih lanjut dapat dikembangkan oleh peserta sebagai pedoman pemanfaatannnya dalam kegiatan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Pramesti, C., Kiptiyah, S., Purwanti, E., Purwanti, P., Ardiansyah, A., & Andriani, A. (2023). Pemanfaatan Virtual Manipulatives Berbasis Learning Community Sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 171-176. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66580
Section
Articles

References

Amalia, R., & Sofiyan, S. (2018). Virtual Manipulatives pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Dimensi Matematika, 1(02), 6-18.
Balyer, A., Karatas, H., & Alci, B. (2015). School principals’ roles in establishing collaborative professional learning communities at schools. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 197, 1340-1347.
Harto, K. (2018). Tantangan dosen ptki di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1-15.
Lankshear, C., & Knobel, M. (2006). Digital literacy and digital literacies: Policy, pedagogy and research considerations for education. Nordic Journal of digital literacy, 1, 12-24.
Nurhasanah, F. (2009). Abstraksi dan Alat Peraga Maya dalam Pembelajaran Matematika. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika, At Unimed Medan, Medan.
Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Balitbang Kemendikbud. (2017). (Online) Kompetensi Guru di Sekolah Dasar: Tuntutan dan Kebutuhan Abad 21. https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/kebijakan/2017_KOMPETENSI_GURU_DI_SEKOLAH_DASAR_TUNTUTANKEBUTUHAN_ABAD_21.pdf, 24 September 2022.
Rajagukguk, K. P., Lubis, H., Pribadi, J., Supriadi, S., Darliana, E., Mashuri, K., & Kesumawati, D. (2022). PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MENGGUNAKAN LESSON STUDY as LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1411-1425.
Saputro, M.,et.al. (2020). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Manipulatif Materi Geometri Pada Guru SD Negeri 2 Sebubus Kecamatan Paloh. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 62-71.
Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal Akrab, 10(2), 60–69.