Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Hukum Kekekalan Volume Anak Usia 11─12 Tahun

Main Article Content

Chelsy Angraeni
Febri Loska
Lailatul Maghfiroh
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi guna menganalisis pemahaman konsep anak terhadap materi volume bangun ruang berbasis pada teori Piaget melalui Hukum Kekekalan Volume. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara melalui media Video Call WhatsApp dengan melalui percobaan sederhana. Responden dalam penelitian ini sebanyak empat orang terdiri dari satu laki-laki di bawah usia teori (6 tahun), satu perempuan sesuai usia teori (11 tahun), satu laki-laki sesuai usia teori (12 tahun), dan satu laki-laki di atas usia teori (13 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia bukan menjadi patokan bagi perkembangan kognitif anak dalam memahami konsep kekekalan volume.

Article Details

How to Cite
Angraeni, C., Loska, F., Maghfiroh, L., & (Nino Adhi), N. (2023). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Hukum Kekekalan Volume Anak Usia 11─12 Tahun. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 177-180. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66595
Section
Articles

References

Ariesta, Widya Freddy. (2021). Implementasi Teori Belajar Kognitivisme dalam Pandangan Jean Piaget dan Jerome Bruner. Binus University. Jakarta, Indonesia.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita. 3(1).
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13 (1), 116–152.
Septa, H. W., & Sumarni, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kekekalan Volume terhadap Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 2(1), 27-36.
Takaria, J. (2019). Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang melalui Hukum Kekekalan Isi. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 7(1), 1-11.