Kesesuaian Teori Perkembangan Mental Jean Piaget pada Anak Tahap Operasi Konkret dalam Memahami Hukum Kekekalan Panjang

Main Article Content

Nailin Nafiah Azzahra
Corilyana Nurmalasari
Elisa Monica Manihuruk
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan teori perkembangan mental yang diutarakan oleh Jean Piaget pada hukum kekekalan panjang. Teori perkembangan mental Jean Piaget menjelaskan bahwa kemampuan kognitif anak dapat berkembang secara bertahap pada rentang waktu yang berbeda-beda, termasuk perkembangan dalam mengamati ilmu pengetahuan. Ada empat tahapan perkembangan kognitif, yaitu: 1) Tahap sensori motor, yaitu dari usia 0 hingga 2 tahun; 2) Tahap pra operasional, yaitu dari usia 2 hingga 7 tahun; 3) Tahap operasi konkrit, yaitu dari usia 7 hingga 11 tahun; 4) Tahap operasi formal, yaitu dari usia 11 tahun hingga anak dewasa. Pada tahap operasi kongkrit anak sudah mulai memahami konsep kekekalan. Salah satu konsep kekekalan yaitu konsep kekekalan panjang (7-8 tahun). Kami melakukan penelitian konsep kekekalan panjang ini dengan menggunakan 2 buah tali lalu diterapkan kepada anak-anak. Kami menggunakan 4 subjek penelitian, yaitu anak yang berusia kurang dari 7 tahun, lalu yang 2 anak yang berusia antara 7-8 tahun, dan anak yang berusia 9 tahun. Hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa anak-anak yang menjadi subjek penelitian belum memahami konsep kekekalan panjang.

Article Details

How to Cite
Azzahra, N., Nurmalasari, C., Manihuruk, E., & (Nino Adhi), N. (2023). Kesesuaian Teori Perkembangan Mental Jean Piaget pada Anak Tahap Operasi Konkret dalam Memahami Hukum Kekekalan Panjang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 181-184. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66596
Section
Articles

References

Alhaddad, I. (2012). Penerapan teori perkembangan mental piaget pada konsep kekekalan panjang. Infinity Journal, 1(1), 31-44.
Aini, I.N dan Hidayati, N. 2017. Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa Smp Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. JPPM Vol 10(2), hal: 25-30.
Alhaddad, I. 2012. Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang. Jurnal ilmiah program studi matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol 1(1), hal: 31- 44.
Hindun, S., Ruseffendi, E. T. (2018). APAKAH TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET BERLAKU DI INDONESIA?. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(2), 99-103.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 316-327.
Rahmania, B. (2017). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasi Konkret pada Usia 7-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Luas. Semarang: Universitas Negeri Semarang.