Penerapan Teori Perkembangan Mental Anak Usia 7-13 Tahun Pada Konsep Hukum Kekekalan Volume

Main Article Content

Della Ayu Puspita
Hanun Fithriyatul Islam
Salsabil Qoriroh
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Proses berpikir manusia merupakan suatu perkembangan yang bertahap  dari berpikir intelektual konkret ke abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengamati perkembangan kognitif anak, terutama pada tahap operasional konkret yakni, pada pemahaman konsep mengenai kekekalan volume. Dalam percobaan tersebut, menurut Piaget mengenai konsep kekekalan volume terbukti, bahwa anak usia 11-12 tahun lah yang sudah memahami konsep kekekalan volume. Namun, dalam percobaan tersebut terdapat anak yang belum bisa menentukan kesamaan banyak air walaupun diletakkan di wadah yang berbeda. Sedangkan berdasarkan teori perkembangan kognitif Piaget, seharusnya anak dalam usia ini sudah memahami konsep hukum kekekalan tersebut. Teridentifikasi pula bahwa anak usia dibawah 11 tahun belum mampu menjawab dengan benar mengenai percobaan yang dilakukan.  Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pada tahap operasi konkret terdapat anak yang sudah memasuki tahap berpikir konkret tetapi belum mampu mememahami konsep dari hukum kekekalan volume.

Article Details

How to Cite
Puspita, D., Islam, H., Qoriroh, S., & (Nino Adhi), N. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Mental Anak Usia 7-13 Tahun Pada Konsep Hukum Kekekalan Volume. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 185-189. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66614
Section
Articles

References

Hidayati, K. (2012). Pembelajaran Matematika Usia SD/MI menurut Teori Belajar Piaget. Tarbiyah, STAIN Ponorogo. Cendekia Vol. 10 No. 2.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. INTELEKTUALITA - Volume 3, Nomor 1.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA). LP2M IAIN Jember, Vol. 13, No. 1.
Nyoman. I, Syahri. A. A, Fitriany. (2011). Teori Perkembangan Kognitif Piaget dan Implikasi dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika). Universitas Negeri Makassar. Vol. 3, Ed. 1.
Suratno, Joko, Niken Wahyu Utami, and Hariyati Hamid. (2016) "Konsep Kekekalan Bilangan dan substansi: Percobaan Pembuktian teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget." Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4.1).