Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget dalam Hukum Kekekalan Banyak
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif siswa berumur 6-7 tahun dalam memahami hukum kekekalan banyak. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 orang anak, yaitu 1 anak di bawah teori yang berusia 5 tahun, 2 anak sesuai teori yang berusia 7 tahun, dan 1 anak di atas teori yang berusia 12 tahun. Hasilnya adalah anak berusia 5 tahun belum mampu memahami hukum kekekalan banyak, sedangkan 2 anak berusia 7 tahun dan 1 anak berusia 12 tahun sudah memahami hukum kekekalan banyak. Dapat disimpulkan, anak yang sudah memahami hukum kekekalan banyak akan mengerti bahwa banyaknya suatu benda akan tetap sama meskipun letaknya diubah. Sebaliknya, anak yang belum memahami hukum kekekalan banyak belum mengerti bahwa banyaknya suatu benda akan tetap sama meskipun letaknya diubah.
Article Details
References
Nabila, N. (2021). KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD BERDASARKAN TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1).
Ramlah. (2015). PENERAPAN TEORI PERKEMBANGAN MENTAL PIAGET TAHAP OPERASIONAL KONKRET PADA HUKUM KEKEKALAN MATERI. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 3(2).
Suratno, J., Utami, N. W., & Hamid, H. (2016). Konsep Kekekalan Bilangan dan substansi: Percobaan Pembuktian teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).
Wardi, F., Hayati, L.., Kurniati, N., Sripatmi. (2021). Kesesuian teori perkembangan kognitif piaget pada peserta didik kelas I dan II dalam memahami hukum kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3).