Telaah Pengintegrasian Etnomatematika pada Problem Based Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika
Main Article Content
Abstract
Model Problem Based On Etnomatematika Learning (PBL – Etnomatematika) merupakan pengintegrasian Etnomatematika pada model Problem Based Learning (PBL). Artikel ini bertujuan untuk menelaah pengaruh model PBL – Etnomatematika terhadap komunikasi matematis siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahapan antara lain organize, synthesize, dan identify. Data yang dianalisis merupakan data sekunder dengan kata kunci pencarian sesuai tujuan penelitian. Hasil dari penelitian adalah terbentuknya langkah – langkah pembelajaran model PBL – Etnomatematika berdasarkan beberapa literatur yang telah dianalisis dan keterkaitan model PBL – Etnomatematika terhadap komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh bahwa model PBL – Etnomatematika berpengaruh dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa. PBL – Etnomatematika memberikan rangkaian aktivitas pemecahan masalah dalam konteks dunia nyata yang dipadukan dengan budaya sehingga siswa akan terbantu dalam melakukan proses berpikir yang lebih kreatif untuk menghadapi setiap tantangan. Dengan PBL – Etnomatematika, siswa juga mendapatkan pengalaman belajar yang menarik, meluas, dan bermakna. Saran yang diajukan dari penelitian ini yaitu diperlukan adanya pengembangan instrumen dan media pembelajaran terintegrasi model PBL – Etnomatematika serta penelitian lebih lanjut terkait implementasi model PBL – Etnomatematika pada pembelajaran matematika dengan memperhatikan indikator komunikasi matematis dalam setiap aktivitas pembelajarannya.
Article Details
References
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.
Asikin, M. & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Smp Dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 203–213.
Awang, H., & Daud, Z. (2015). Improving a Communication Skill Through the Learning Approach Towards the Environment of Engineering Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 480–486. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.241
Fujiati, I. ;, & Mastur, Z. (2014). Keefektifan Model Pogil Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education., 3(3), 178.
Hafriani. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstruktur dengan Menggunakan ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). Jurnal Ilmiah Didaktika, 22(1), 63–80.
Hartati, T.L. & Suyitno, H. (2015). Studi Komparatif Model Pembelajaran TAI dan CIRC terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1), 60–68.
Husna, Ikhsan, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think – Pair – Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81–92.
Isnaeni, A., Mashuri & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan Pembelajaran TAPPS Strategi React Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), 204–211.
Naura, S., Nurdianti, D., & Maulana, S. (2022). Telaah pengintegrasian STEAM pada model problem based learning terhadap adversity quotient siswa dalam pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar …, 5, 598–605.
Ningrum, R. K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Problem Based Learning berbasis Flexible Mathematical Thinking. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 213–222. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21620
Ningsih, A. K., Kariadinata, R., & Nuraida, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 20–35. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1368/673
Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714
Shavira, L. E. (2021). Penggunaan alat peraga ABD Ajaib dalam pembelajaran matematika realistik berbasis budaya. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan …, 12(2), 225–235. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/8850
Siregar, N. C., Rosli, R., & Maat, S. M. (2020). The Effects of a Discovery Learning Module on Geometry for Improving Students’ Mathematical Reasoning Skills, Communication and Self - Confidence. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(3), 214–228.
Soraya, D., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial Dan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 76. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20409
Sufi, L. F. (2016). Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajaran, 3(Knpmp I), 260–267.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika., 1(1), 38–53.
Wahyuni, A., Tias, A.A.W., & Sani, B. (2013). Peran Etbomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika., Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yovita, Bambang, & Halini. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10), 1–10.
Zulfa, A., Warniasih, K., W. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 371–375.