Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education

Main Article Content

Arief Agoestanto
Melania Shinta Rinawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran PjBL dengan pendekatan RME. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi siswa kelas VII SMP N 1 Jiken Blora, dengan random sampling terpilih siswa kelas VII A sebagai sampel. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes, yang berupa soal pretest dan postest yang disusun berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematis. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji t berpasangan dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa di SMP N 1 Jiken Blora pada pembelajaran PjBL dengan pendekatan RME. Peningkatan kemampuan koneksi matematis tertinggi berada pada indikator 3, sedangkan peningkatan terendah berada di indicator 2.

Article Details

How to Cite
Agoestanto, A., & Rinawati, M. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 204-208. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66617
Section
Articles

References

Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325–1338. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.846
Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, & Sutarto, H. (2015). Unnes Journal of Mathematics Education KEEFEKTIFAN MODEL PjBL DENGAN TUGAS CREATIVE MIND- MAP UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIK SISWA. 4(2), 172–179.
Badjeber, R., & Fatimah, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 18–26. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.557
Fitrina, T., Ikhsan, M., & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 87–95.
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association's Devision.D. Measurement And Research Methodology.
Kenedi, ary K., Helsa, Y., Ariani, Y., Ainil, M., & Hendri, S. (2019). MATHEMATICAL CONNECTION OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS TO SOLVE MATHEMATICAL PROBLEMS. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–80.
Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 61–75. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.56
Kusnandar, Junaedi, I., & Suyitno, A. (2021). The effectiveness of project-based learning assisted by digital module toward mathematical connection ability. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042126
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Reston, VA:NCTM.
Rahmadan, I. B., Sessu, A., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bilangan. JRPMS : Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 37–43. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1954
Setiawarni, A., Rahmi, D., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis berdasarkan Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics
Winarlis dan Hassanuddin. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning Untuk Menfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 297–304. http://repository.uin-suska.ac.id/25169/