Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Interaktif Berbantuan Media Aplikasi Quizizz

Main Article Content

Sugiman Sugiman
Hanif Nur Cahyani

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan dengan memahami konsep matematis, siswa dapat memecahkan masalah matematika termasuk siswa tunarungu. Pembelajaran interaktif berbantuan media Quizizz dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis sesuai dengan karakteristik  media pembelajaran bagi siswa tunarungu yang lebih mengoptimalkan visual. Media Quizizz adalah aplikasi yang mendukung kuis interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran interaktif berbantuan media Quizizz untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu. (2) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu melalui pembelajaran interaktif dengan bantuan media Quizizz. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan Single Subject Research dengan 5 siswa tunarungu kelas 9 di SLBN Temanggung tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, tes pemahaman matematis, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data meliputi triangulasi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran interaktif berbantuan media Quizizz efektif ditandai dengan hasil tes pemahaman matematis yang meningkat dari baseline ke intervensi, angket respon positif siswa terhadap quizizz memperoleh skor 94,4% masuk kategori sangat baik, dan hasil pengamatan setiap aspek sudah tampak pada fase intervensi; (2)  Kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu telah memenuhi kelima aspek indikator dengan kategori baik.

Article Details

How to Cite
Sugiman, S., & Cahyani, H. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Interaktif Berbantuan Media Aplikasi Quizizz. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 217-228. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66623
Section
Articles

References

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Auliya, L., & Lazim, N. (2020). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 4 Nomor 4 Juli 2020 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i2.8027 THE DEVELOPMENT OF MISS PPL ( ADVANCED MICROSOFT POWER POINT ) LEARNING MEDIA AT EL. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4), 703–714. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i2.8027
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif, 6(20), 12–22.
Basuki, Y., & Hidayati, Y. (2019). Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331
Borman, R. I., Priyopradono, B., & Syah, A. R. (2018). Klasifikasi Objek Kode Tangan pada Pengenalan Isyarat Alphabet Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya (SNIA), September, 1–4.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Gumelar, G., Hafiar, H., & Subekti, P. (2018). Konstruksi Makna Bisindo Sebagai Budaya Tuli Bagi Anggota Gerkatin. Informasi : Kajian Ilmu Komunikasi, 48(1), 65. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i1.17727
Gunawan, A. A. S., & Salim, A. (2013). Pembelajaran Bahasa Isyarat Dengan Kinect Dan Metode Dynamic Time Warping. Jurnal Mat Stat Universitas Binus, 13(2), 77–84.
Handayani, E. S., & Anwar, M. (2017). Anak Tunarungu Melalui Simulation. Ijds, 4(1), 9–15.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, (2003).
Indra, P. R. C. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. PT Refika Aditama.
Kusuma, Y. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring (Online) Fisika pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA Di SMA Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Sanata Dharma.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (1st ed.). PT Refika Aditama.
Liza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Vocabulary Acquisition by Deaf Children Indonesian Word Classes in SDLB Karya Mulia II Surabaya: Psycholinguistics Studies. Jermal, 1(2), 89–97.
Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Mitrawalida. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA 1 Sendana. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Muhammad, A. (2004). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP 2 BOJONEGARA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73.
Mursita, R. A. (2015). Respon Tunarungu Terhadap Penggunaan Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Dalam Komunikasi. INKLUSI, 2(2), 221–232.
Nisa, K. et al. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dan Anak Berbakat. Abadimas Buana, 2(1), 33–40.
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202.
Raco, J. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Rahmah, N., Lestari, A., Musa, L. A. D., & Sugilar, H. (2019). Quizizz Online Digital System Assessment Tools. Proceeding of 2019 5th International Conference on Wireless and Telematics, ICWT 2019, 3–6. https://doi.org/10.1109/ICWT47785.2019.8978212
Rakun, E., Andriani, M., Wiprayoga, I. W., Danniswara, K., & Tjandra, A. (2013). Combining depth image and skeleton data from Kinect for recognizing words in the sign system for Indonesian language (SIBI [Sistem Isyarat Bahasa Indonesia]). 2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2013, March 2019, 387–392. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2013.6761606
Razi, F., Muksar, M., & Qohar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif untuk Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 835. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13656
Riza, L. S., Firdaus, D. S., Junaeti, E., Bayu, A., Nandiyanto, D., & Abdullah, C. E. P. U. (2018). A CONCEPT AND IMPLEMENTATION OF INSTRUCTIONAL INQUIRY-BASED LEARNING MODEL. Journal of Engineering Science and Technology, 13(7), 2016–2035.
Rofiqoh, A. P. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Quizizz di Kelas XI Semester Genap MA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 (PTK Online ). In IAIN Ponorogo.
Sari, D. P., Nurochmah, N., Haryadi, H., & Syaiturjim, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Student Teams Achivement Division. Jurnal Riset Pendidkan Matematika, 3(1), 16–22.
Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa smp. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 150–163.
Saripudin, A. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran ABK. Retrieved March 26, 2022, from www.repository.upi.edu.
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Somad, P., & Hernawati, T. (1995). Ortopedagogik Anak Tunarungu. Departemen Pendidikan dan Kebudyaan Direktorat.
Suarsana, I. M., Mahayukti, G. A., Sudarma, I. K. dan, & Pujawan, A. A. G. S. (2019). The Effect of Interactive Mathematics Learning Media toward Mathematical Conceptual Understanding on Probability of Hearing-impaired Students. Journal of Physics : Conference Series, 1165(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1165/1/012021
Sugianto, N., & Samopa, F. (2015). Analisa Manfaat dan Penerimaan Terhadap Implementasi Bahasa Isyarat Indonesia Pada Latar Belakang Komplek Menggunakan Kinect dan Jaringan Syaraf Tiruan (Studi Kasus SLB Karya Mulia 1). JUISI : Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1), 10–27.
Sugiman. (2022). Penggunaan Alat Peraga untuk Pembelajaran Matematika bagi Anak Berkebutuhan Khusus. CV Penerbit Lakeisha.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta. Alfabeta.
Suharmini, T. (2009). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Kanwa Publisisher.
Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Interaktif Dengan Strategi Drill Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 95–104. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2034
Sutjihati, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Refika Aditama.
Suwastarini, N. N., & Dantes, D. R. N. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SDLB B (Tunarungu) Pada SLB B Negeri PTN Jimbaran. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–10.
Thalita Ilenia Afrillian, & Budiyono. (2021). PENGARUH MEDIA ONLINE QUIZ ( QUIZIZZ ) DAN NON-QUIZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH 14 SURABAYA Thalita Ilenia Afrillian Abstrak. JPGSD, 9(8), 3083–3092.
Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema Journal, 2(1), 24–31.
Winarsih, M. (2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu dalam Pemerolehan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudyaan.
Zahroh, F., Wiraraja, U., Undang, U., & Pendidikan, S. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SAINS INTERAKTIF UNTUK. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 54–68.
Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37