Studi Literatur: Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self-Concept Pada Model Project-Based Learning Berbantuan MathCityMap

Main Article Content

Eli Widianti
Amidi Amidi

Abstract

Tantangan abad ke-21 telah menjadi topik yang krusial dalam bidang pendidikan. Pendidikan abad ke-21  perlu menekankan pada kemampuan bernalar, berpikir kritis, menghubungkan sains dengan dunia nyata, kemahiran dalam teknologi informasi, komunikasi dan bekerjasama. Kemampuan bernalar dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari inilah yang sering dikenal dengan istilah literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kajian bagaimanana literasi matematika siswa ditinjau dari self-concept pada pembelajaran Project-Based Learning berbantuan MathCityMap. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis beberapa artikel, jurnal dan dokumen lain yang relevan. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu mengatur, mensintesis, dan mengidentifikasi. Hasil studi menunjukan bahwa model Project-Based Learning berbantuan MathCityMap dapat menjadi pembelajaran inovatif untuk mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari self-concept dengan mengimplementasikan model Project-Based Learning berbantuan MathCityMap.

Article Details

How to Cite
Widianti, E., & Amidi, A. (2023). Studi Literatur: Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self-Concept Pada Model Project-Based Learning Berbantuan MathCityMap. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 256-263. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66627
Section
Articles

References

Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu Pisa Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.
Amelia, I., Anwar, C., Firdos, H., & Fatah, A. (2022). Meta Analisis : Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. 06(02), 1720–1730.
Barlovits, S., Jablonski, S., Milicic, G., & Ludwig, M. (2021). Distance Learning In Mathematics Education : Synchronous And Asynchronous Learning With Mathcitymap. Proceedings Of Edulearn21 Conference, July, 10180–10189. Https://Doi.Org/10.21125/Edulearn.2021.2101
Ehom, D. N. (2015). Literasi Matematis Dan Kecemasan Matematika Siswa Sma Dalam Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning [Universitas Pendidikan Indonesia]. Http://Repository.Upi.Edu/Id/Eprint/18239
Gurjanow, I., & Ludwig, M. (2017). Gamifying Math Trails With The Mathcitymap App: Impact Of Points And Leaderboard On Intrinsic Motivation. Proceedings Of The 13th International Conference On Technology In Mathematics Teaching, 1, 105–122. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/314392349
Indrawan, E., Jalinus, N., & Syahril. (2019). Review Project Based Learning. International Journal Of Science And Research, 8(4), 1014–1018.
Indrawati, F. A., & Wardono. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Dan Pembentukan Kemampuan 4c. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.
Ismaya, B. F., Cahyono, A. N., & Mariani, S. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika Dengan Math Trail Project Berbantuan Kemampuan Penalaran Matematika Dengan Math Trail Project Berbantuan Mathcitymap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, November 2020.
Jablonski, S., Ludwig, M., & Zender, J. (2018). Task Quality Vs. Task Quantity. A Dialog-Based Review System To Ensure A Certain Quality Of Tasks The Mathcitymap Web Community. Proceedings Of The 5th Erme, August, 115–122.
Kholid, M. N., Rofi’ah, F., Ishartono, N., Waluyo, M., Maharani, S., Annisa, S., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2022). What A Re Students ’ Difficulties In Implementing Mathematical Literacy Skills For Solving Pisa-Like Problem ? Journal Of Higher Education Theory And Practice, 22(2), 181–201.
Ludwig, M., & Jablonski, S. (2021). Step By Step : Simplifying And Mathematizing The Real World With Mathcitymap Passo A Passo : Simplificando E Matematizando O Mundo Real Com O Mathcitymap. Quadrate, 30(2), 242–268.
Mahuda, I., Nasrullah, A., & Marlina, M. (2021). Kontribusi Self-Concept Matematis Dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5, 51–61. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30738/Wa.V5i1.9886
Marina, E. Y., & Yani, A. T. (2016). Proses Literasi Matematis Dikaji Dari Content Space And Shape Dalam Materi Geometri Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(11).
Maysarah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi Fpb Dan Kpk. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2). Https://Doi.Org/10.30821/Axiom.V7i2.2899
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 6(2). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V6i2.950
Oecd. (2013). Mathematics Self-Beliefs And Participation In Mathematics-Related Activities. Iii, 79–104.
Oecd. (2019). Programme For International Student Assessment (Pisa) Results From Pisa 2018. Oecd.
Pamungkas, A. S. (2015). Kontribusi Self Concept Matematis Dan Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(2), 55–60. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51212/Jdp.V8i2.114
Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical Literacy As The 21st Century Skill. Journal Of Physics: Conference Series, 1157(4). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1157/4/042088
Rosanti, F., & Harahap, A. (2022). Pengaruh Outdoor Learningmath Dengan Pendekatan Math City Map Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Kelas Xii Smk Yapim Pinang Awan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1387–1402. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i2.1363
Sakilah, S., Yulis, A., Nursalim, N., Vebrianto, R., Anwar, A., Amir, Z., & Sari, I. K. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sekolah Dasar Negeri 167 Pekanbaru. Jmie (Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1). Https://Doi.Org/10.32934/Jmie.V4i1.175
Salim Nahdi, D. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad ke-21 . Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V5i2.1386
Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Concept. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.15294/Kreano.V11i1.22717
Septiani, D., & Susanti, S. (2021). Urgensi Pembelajaran Inkuiri Di Abad Ke 21: Kajian Literatur. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V6i1.7784
Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i2.244
Ulfah, M., Lukman, H. S., & Nurcahyono, N. A. (2020). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kecerdasan Logika Matematika Siswa Smp. Arithmetic: Academic Journal Of Math, 2(2). Https://Doi.Org/10.29240/Ja.V2i2.1702
Utomo, A. C., Abidin, Z., & Rigiyanti, H. A. (2020). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah Pada Mahasiswa Pgsd. Educational Journal Of Bhayangkara, 1(1). Https://Doi.Org/10.31599/Edukarya.V1i1.103