Telaah Bahan Ajar dengan Model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Main Article Content

Cici Rayagura Rahmatillah
Adi Satrio Ardiansyah

Abstract

Berpikir kreatif adalah salah satu keterampilan penting abad 21 yang harus dimiliki siswa sebagai pewaris bangsauntuk bertahan dalam persaingan global. Berdasarkan fakta yang ada, kemampuan berpikir kreatif siswa masih belum optimal. Kemampuan berpikir kreatif dapat diberdayakan melalui perangkat pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelaah bahan ajar dengan model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan geogebra terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil menunjukkan bahan ajar dengan model CBL bernuansa STEM berbantuan geogebra dapat menjadi solusi inovatif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Lebih lanjut, diperlukan penelitian mengenai pengembangan dan uji efektivitas bahan ajar dengan model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan geogebra terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Article Details

How to Cite
Rahmatillah, C., & Ardiansyah, A. (2023). Telaah Bahan Ajar dengan Model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 40-46. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66692
Section
Articles

References

Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779.
Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2018). Student’s Creative Thinking Skill and Belief in Mathematics in Setting Challenge Based Learning Viewed by Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 61-70.
Ardiansyah, A. S., & Asikin, M. (2020, June). Challenging Students to Improve their Mathematical Creativity in Solving Multiple Solution Task on Challenge Based Learning Class. In Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). IOP Publishing.
Ardiansyah, A. S., Fiyanti, R. A., & Hamidah, F. S. (2021, June). CB-BL Model (Challenge Based on Blended Learning) for Mathematical Creativity. In Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). IOP Publishing.
Ardiansyah, A. S., Sari, S. N., & Hamidah, F. S. (2021). Uji Kelayakan Buku Ajar Matematika Dasar Terintegrasi Challenge Based on Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 89-100.

Aryanto, Y., Cahya, C., & Setiawan, W. (2019). Implementasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematik Siswa SMP. Journal on Education, 01(03), 525–530.

Astuti, N. H., Rusilowati, A., & Subali, B. (2021). STEM-Based Learning Analysis to Improve Students’ Problem Solving Abilities in Science Subject: a Literature Review. Journal of Innovative Science Education, 9(3), 79–86.

Bahrum, S., Wahid, N., & Ibrahim, N. (2017). Integration of STEM Education in Malaysia and Why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6), 645–654.

Fairazatunnisa, Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942–1956.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.
Haqq, A. A. (2017). Implementasi Challenge-Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal THEOREMS (The Original Reasearch of Matematics), 1(2), 13–23.
Johnson, L. & S. Adams. 2011. Challenge Based Learning: The Report from Implementation Project. Austin, Texas: The New Media Consortium.

Junaidi. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 1 Mila. Jurnal Numeracy, 5(2), 184-193.
Kang, N.-H. (2019). A Review of the Effect of Integrated STEM or STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Education in South Korea. Asia-Pacific Science Education, 5(6), 1–22.

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Masalah berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34–46.

Klau, Y. E., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama pada Materi Geometri. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1-11.
Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Bahan Ajar berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika: Potensi dan Metode Pengembangan. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 298–302.

OECD. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) result from PISA 2018.
Ratni Purwasih1, Ratna Sariningsih2, Indah Puspita Sari3. 2022. Self Efficacy terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa melalui Pembelajaran berbantuan Softwere Geogebra, Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Volume 9, No. 1, 2020, 166-173.
Santi, I., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK pada Materi Barisan dan Deret di Kota Pekanbaru. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 95–106.
Sari, S. Y., Sundari, P. D., Jhora, F. U., & Hidayati. (2020). Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 189.

Silver, E. A. (1997). “Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing”. ZDM, 29(3): 75-80.

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264.
Sugandi, A. I., Sofyan, D., & Maesaroh, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Deduktif Induktif Berbantuan Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Masa Pandemi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 149–160.
Yoosomboon, S. & P. Wannapiroon. (2015). Development of a Challenge Based Learning Model via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Information Management Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences, 174: 2102-2107.