Pembuktian Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget pada Anak Tahap Operasi Konkret terhadap Hukum Kekekalan Volume
Main Article Content
Abstract
Jean Piaget mengemukakan bahwa perkembangan kognitif anak tumbuh secara kronologis melalui empat tahap, salah satunya yaitu tahap operasi konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif anak dalam memahami hukum kekekalan volume pada tahap operasi konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini digunakan untuk memperoleh data dengan mewawancarai responden yang dipadukan dengan percobaan sederhana langsung di depan masing-masing responden yang berkaitan dengan hukum kekekalan volume. Responden dalam penelitian ini adalah anak dengan usia 5-9 tahun dengan total 4 responden penelitian yaitu 1 responden dari usia 5 tahun, 2 responden dari usia 7 tahun, dan 1 responden dari usia 9 tahun. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari 4 responden, ada 1 responden dari usia 5 tahun belum memahami hukum kekekalan volume, 1 responden dari usia 7 tahun sudah memahami hukum kekekalan volume, dan 2 responden dari usia 7 tahun dan 9 tahun belum memahami hukum kekekalan volume. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua anak sesuai dengan teori Jean Piaget mengenai perkembangan kognitif anak pada tahap operasi konkret.
Article Details
References
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Ramlah, R. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 3(2).
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.