Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Usia 11-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Volume
Main Article Content
Abstract
Dalam pembelajaran, guru hendaknya memperhatikan tingkat perkembangan anak dan karakteristik dari materi yang disajikan. Piaget mengemukakan teori yang mengkaji kognitifitas siswa sesuai tahapan usia. Menurut Piaget, setiap individu akan melewati empat tahap perkembangan kognitif yang berurutan. Salah satunya yaitu tahap operasional konkret. Tahap operasional konkret menurut Piaget, dicirikan dengan anak yang sudah dapat berfikir berdasarkan logika (usia 7-11 tahun) dan sudah memahami tentang hukum kekekalan volume (usia 11-12 tahun). Penelitian ini dilakukan untuk menguji pemahaman anak terkait hukum kekekalan volume pada tahap operasional konkret, sekaligus membuktikan teori perkembangan Piaget pada tahap operasional konkret terhadap pemahaman hukum kekekalan volume. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 4 sampel anak yaitu SA (usia 10 tahun), SB (usia 11 tahun), SC (usia 12 tahun), dan SD (usia 13 tahun). Dengan melalui beberapa percobaan untuk menguji tentang hukum kekekalan volume, didapatkan hasil bahwa keempat anak tersebut telah menjawab dan memahami pertanyaan yang diujikan dengan benar, sehingga keempat anak tersebut sudah memahami tentang hukum kekekalan volume. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian yang telah dilaksanakan tersebut, mendapatkan hasil yang sesuai dengan teori piaget mengenai tahap operasional konkret tentang pemahaman hukum kekekalan volume pada anak.
Article Details
References
Arikunto Suharsumi dkk. ( 2006 ). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Ojose, B.2008.Applying Piaget’s Theory of Cognitive Development to Mathematics Instrustion. The Mathematics Educator, 18(1) 26-30
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Takaria, J. (2017). Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang Melalui Hukum Kekekalan Isi. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 7 (2), 79-89