Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget pada Hukum Kekekalan Bilangan Berbasis Canva

Main Article Content

Najma Fatikasari
Cindy Setya Amanda
Mochamad Ibnu Humam Arief
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Hukum kekekalan bilangan menurut teori Piaget menyatakan bahwa anak yang usianya 6-7 tahun yang telah memahami hukum kekekalan bilangan akan mengerti bahwa banyaknya suatu benda akan tetap meskipun letaknya berbeda-beda atau diubah tempatnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah anak yang usianya berada di bawah teori, sesuai teori dan berada di atas teori sudah memenuhi hukum kekekalan bilangan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai 5 anak yang usianya 5 sampai 10 tahun dengan menyajikan paparan melalui aplikasi canva secara langsung maupun virtual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang usianya berada di atas, di bawah maupun sesuai hukum kekekalan bilangan, yaitu usia 5 sampai 10 tahun mampu menjawab dengan benar percobaan-percobaan yang telah disajikan. Jadi semua anak sudah memenuhi hukum kekekalan bilangan.

Article Details

How to Cite
Fatikasari, N., Amanda, C., Arief, M., & (Nino Adhi), N. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget pada Hukum Kekekalan Bilangan Berbasis Canva. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 639-647. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66709
Section
Articles

References

Ananda. 2021. Perkembangan Kognitif: Pengertian, Teori dan Tahapannya. (Online) (https://www.gram2edia.com/literasi/perkembangan-kognitif/ Hidayati, K., 2012, diakses 6 September 2022).
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran Matematika Usia SD/MI Menurut Teori Belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291-378.
Jannah, M. (2015). Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 1(2), 87-98.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.