Penerapan Perkembangan Teori Piaget dalam Hukum Kekekalan Panjang

Main Article Content

Dhea Novita Geovani
Isna Devita Nurul Nazzala
Trinovianto Ramadhani
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Menurut teori perkembangan mental dari Piaget, ada 4 tahapan perkembangan kognitif pada anak. Setiap tahapan perkembangan mental mempunyai sifat atau ciri khas masing-masing. Salah satu ciri yang dimunculkan pada tahap operasi kongkrit diantaranya yaitu bahwa pada tahap ini anak sudah mulai memahami konsep kekekalan. Diantaranya konsep kekekalan panjang (7 – 8 tahun). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman anak terkait hukum kekekalan panjang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni terfokus pada penelitian yang didasarkan pada fakta yang dilaksanakan dengan cara pengamatan secara langsung dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu setiap anak memilki pendapat yang berbeda-beda, terdapat anak yang sudah memahami dan terdapat pula yang belum memahami mengenai hukum kekalan panjang. Kesimpulannya anak belum seluruhnya memahami konsep hukum kekalan panjang, dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan hanya satu anak yang dapat memahaminya.

Article Details

How to Cite
Geovani, D., Nurul Nazzala, I., Ramadhani, T., & (Nino Adhi), N. (2023). Penerapan Perkembangan Teori Piaget dalam Hukum Kekekalan Panjang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 648-651. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66711
Section
Articles

References

Alhaddad, I. (2012). PENERAPAN TEORI PERKEMBANGAN MENTAL PIAGET PADA KONSEP KEKEKALAM PANJANG. Program Studi Matematika STKIP, Siliwangi, Bandung.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Suratno, J., Utami, N. W., & Hamid, H. (2016). Konsep Kekekalan Bilangan dan substansi: Percobaan Pembuktian teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291-308.