Penerapan Konsep Kekekalan Volume sesuai dengan Teori Piaget

Main Article Content

Alfauzan Ridho Zulfikri
Danika Dian Khoirunnisa
Saqinatul Mutiara Zahra
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Pada teori Piaget dikatakan bahwa setiap individu melewati empat tahap kognitif secara berurutan, yaitu tahap sensorimotor, Pra-operasional, operasional-konkret, serta tahap operasional-formal. Pada tahap operasional-konkret umumnya anak memahami operasi logis dengan bantuan benda-benda konkret. Salah satunya adalah memahami konsep kekekalan volume yang umumnya seharusnya sudah dikuasai oleh anak yang berusia 11 hingga 12 tahun. Oleh karenanya, tujuan penelitian kami disini adalah guna membuktikan apakah teori ini berlaku pada anak-anak dengan usia sesuai teori serta bagaimana jika penelitian yang sama dilakukan terhadap anak dengan usia di bawahnya. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang mana mendeskripsikan kesesuaian teori perkembangan kognitif Piaget dengan kemampuan memahami hukum kekekalan volume oleh anak dengan usia 11-12 tahun. Adapun penelitian dilakukan pada seorang anak berusia 11 tahun seta 5 orang anak lain yang berusia dibawah 11 tahun, yaitu berusia 4,5,6,7, dan 10 tahun. Hasilnya anak-anak dengan usia 4,5,6,10, bahkan 11 tahun faktanya belum memahami konsep kekekalan volume. Namun, anak dengan usia 7 tahun sudah memahaminya. Sehingga, kesimpulannya teori perkembangan kognitif Piaget tidak sepenuhnya tepat.

Article Details

How to Cite
Zulfikri, A., Khoirunnisa, D., Zahra, S., & (Nino Adhi), N. (2023). Penerapan Konsep Kekekalan Volume sesuai dengan Teori Piaget. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 137-140. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66717
Section
Articles

References

Aini, I.N dan Hidayati, N. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa Smp Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. JPPM Vol 10(2), 25-30.
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Ramlah. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Jurnal pendidikan UNSIKA Vol 3(2), 221-230.
Santrok, J.W.(2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisus.