Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek
Main Article Content
Abstract
Pendidikan dituntut untuk bisa mengembangkan kemampuan siswa sehingga memiliki kecakapan global. Salah satu keterampilan pada kecakapan global adalah keterampilan berbagai literasi diantaranya literasi dasar dan literasi numerasi. Literasi numerasi merupakan kemampuan yang penting karena berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Data di lapangan menunjukan bahwa kemampuan literasi siswa masih rendah sehingga diperlukan adanya inovasi pembeajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengembangan kemampuan literasi numerasi melalui pembelajaran tematik terintegrasi berbasis proyek. Metode penelitian yang digunkan yaitu studi pustaka dengan menggunakan data sekunder berupa artikel jurnal, buku, laporan penelitian dan sumber lain yang relevan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu organize, synthetize, dan identify. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik terintegrasi proyek dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat menerapkan inovasi ini secara langsung di kelas serta mengembangkan media dan perangkat pembelajaran tematik terintegrasi berbasis proyek.
Article Details
References
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning berbantuan media Youtube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857-2868.
Ayuningtyas, N., & Dhewy, R. C. (2018). Penerapan PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Matematis (Uncertainty and Data) untuk Siswa SMP. stkip.
De Lange, J. (2003). Mathematic for Literacy. Dalam Madison, B., & Steen, L. (Eds), Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for School and Cholleges.(pp. 75–89). USA: National Council on Education and the Disciplines
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. Else (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709-716.
Grasby, K. L., Little, C. W., Byrne, B., Coventry, W. L., Olson, R. K., Larsen, S., & Samuelsson, S. (2020). Estimating classroom-level influences on literacy and numeracy: A twin study. Journal of Educational Psychology, 112(6), 1154–1166.
Hamidah, H., Nirwansyah., Dwiyana, R., & Puspita, R.A. (2020). Panduan Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: SEAMEO QITEP In Language.
Han, Weilin., Dicky, Susanto., Sofie, Dewayani., Putri, Pandora., Nur Hanifah, Miftahussururi., Meyda, Noorthertya Nento dan Qori Syahriana, Akbari. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jannah, R. R., Waluya, S.B., Asikin, M & Zaenuri. (2021). Systematic Literature Review: Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 227-234.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Implementasi Kemampuan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta: Dit. PSMA Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kovas, Y., Voronin, I., Kaydalov, A. Malykh, S.B., Dale,P.S., & Plomin, R. (2013). Literacy and numeracy are more heritable than intelligence in primary school. Psychology Science, 24(10), 2048-2056
Mahmud, M. R., Pratiwi, I. M., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1), 63-76.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8.
Nurjanah, M., Dewi, D. T., Al Fathan, K. M., & Mawardini, I. D. (2022). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87-98.
OECD. (2019). PISA 2018 assessment and analytical framework. OECD publishing.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.
Prasanti, D. D., & Fitrianti, D. R. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Pembentukan Anak Usia Dini keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15.
Suyanto, A.D. 2013.Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional.Yogyakarta: Multi Pressindo.
Utami, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Bernuansa Kontekstual Kelas 4 Tema Daerah Tempat Tinggalku Sub Tema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi.
Wicaksana, Y., & Ridlo, S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. 6(2), 167–174.
Widyaningrum, R. (2012). Model pembelajaran tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107-120.