Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII pada Model Pembelajaran Knisley dengan Scaffolding

Main Article Content

Rochmad Rochmad
Dwi Septiana Rahayu Asih

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa perlu dioptimalkan agar tujuan pembelajaran matematika tercapai
dengan baik. Tujuan penelitian yaitu mengetahui keefektifan model Knisley dengan scaffolding terhadap
komunikasi matematis siswa kelas VII. Kriteria keefektifan meliputi pencapaian ketuntasan klasikal, rata-rata
kelas mencapai kriteria ketuntasan minimal, serta komunikasi matematis siswa kelas VII meningkat setelah
perlakuan pembelajaran Knisley dengan scaffolding. Jenis metode penelitian ini adalah pre-eksperimental dan
desain penelitian one group pretest-posttest. Populasinya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gebog, sampel terpilih
adalah kelas VII I dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes. Indikator komunikasi matematis yang digunakan meliputi, (1) mathematical register, antara
lain kemampuan mengidentifikasi permasalahan yang diketahui dan ditanyakan, kemampuan menuliskan
langkah penyelesaian dan kemampuan menyimpulkan menggunakan bahasa sendiri, (2) representation, meliputi
kemampuan membuat gambar yang relevan, kemampuan menggunakan simbol atau istilah matematis dengan
tepat. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Knisley dengan scaffolding efektif terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa, ditunjukkan dengan pencapaian ketuntasan klasikal, rata-rata siswa mencapai
kriteria ketuntasan minimal, dan komunikasi matematis siswa meningkat setelah mendapat perlakuan
pembelajaran Knisley dengan scaffolding

Article Details

How to Cite
Rochmad, R., & Asih, D. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII pada Model Pembelajaran Knisley dengan Scaffolding. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 246-250. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66727
Section
Articles

References

Asdar, Arwadi, F., & Rismayanti. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil
Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. PLUSMINUS:Jurnal Pendidikan Matematika,
1(1), 1–16.
Cartwright, K. (2020). Analyzing students ’ communication and representation of mathematical fluency
during group tasks. Journal of Mathematical Behavior, 60(100821), 1–18.
Fauziah, Winarti, E. R., & Kartono. (2017). The Effectiveness of SAVI Learning in Achieving
Communication Ability and Mathematica l Disposition for Eighth Grader Info Artikel Abstrak.
Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 1–9.
Ilyyana, K., & Rochmad. (2018). Analysis of Problem Solving Ability in Quadrilateral Topic on Model
Eliciting Activities Learning Containing Ethnomathematics. Unnes Journal of Mathematics
Education Research, 7(2), 130–137.
Kartika, D., & Rochmad. (2021a). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Muhammadiyah
Pangkalan Bun Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Model Knisley.
PRISMA:Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 134–138.
Kartika, D., & Rochmad. (2021b). Mathematical communication ability of 7 th grade Junior High School
students by using Knisley ’ s model assisted by textbook supplements. Unnes Journal of Mathematics
Education, 10(2), 114–119.
Munahefi, D. N., Kartono, Waluya, S. ., & Dwijanto. (2020). ASPIRE Model( analysis , scaffolding ,
project , investigation , reaction , and evaluation ) for Mathematical Creative Thinking Ability. Jurnal
of Physics, 1–6.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA. https://www.nctm.org/standards/
Nugroho, P. B. (2017). Scaffolding Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran
Matematika. Jurnal Eksponen, 7(2), 1–10.
Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat.
PLUSMINUS:Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17–32.
Ridaningrum, G., Rochmad, & Mariani, S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau
dari Self- Efficacy pada Problem Based Learning Berbantuan Edmodo. Prosiding Seminar Nasional
Pascasarjana UNNES, 230–235.
Rohmanawati, E., Kusmayadi, T., & Fitriana, L. (2021). Student ’ s mathematical communication ability
based on Kolb ’ s learning styles of assimilator and accommodator type Student ’ s mathematical
communication ability based on Kolb ’ s learning styles of assimilator and accommodator type.
International Conference on Mathematics and Science Education, 1–6.
Sefiany, N., Masrukan, & Zaenuri. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII
Berdasarkan Pembeajaran Matematika dengan Model Knisley Berdasarkan Self Efficacy. Unnes
Journal of Mathematics Education, 5(3), 227–233.
Septiyana, W., & Indriani, A. N. (2018). Model Pembelajaran Knisley Untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika,
3(2), 155–174.
Sunanti, T., Sagita, L., & Saputra, D. R. (2017). Knisley Untuk Komunikasi Matematika. AKSIOMA:
Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang, 8(2), 91–98