Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Hukum Kekekalan Berat
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perkembangan kognitif pada peserta didik dalam memahami hukum kekekalan berat dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 4 peserta didik yang berusia 8-11 tahun dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa wawancara dan percobaan sederhana. Wawancara dan percobaan sederhana ini memanfaatkan 2 buah plastisin dan penggaris dengan 2 kali percobaan untuk menerapkan hukum kekekalan berat. Percobaan pertama dilakukan dengan membandingkan kedua plastisin yang memiliki kesamaan bentuk dan berat diatas penggaris. Sedangkan percobaan kedua dilakukan dengan mengubah bentuk salah satu plastisin menjadi pipih. Berdasarkan hasil penelitian wawancara dan percobaan sederhana didapatkan jawaban yang berbeda-beda dari setiap peserta didik. Hanya ada 1 peserta didik berusia 10 tahun yang sudah memahami hukum kekekalan berat. Sedangkan 3 peserta didik berusia 8, 9, dan 11 tahun belum memahami hukum kekekalan berat.
Article Details
References
Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Ruseffendi, E. T. (2018). APAKAH TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET BERLAKU DI INDONESIA?. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(2), 99-103.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 316-327.