Hubungan Resiliensi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA
Main Article Content
Abstract
Resiliensi matematis adalah ketahanan seseorang dalam pembelajaran matematika. Adapun kemampuan Pemecahan Masalah Matematis adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika secara benar dengan strategi yang sesuai berdasarkan indikator Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara resiliensi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Subang tahun ajaran 2022/2023 semester ganjil. Subjek penelitian yang diambil menggunakan teknik random sampling sebanyak 53 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara resiliensi matematis dan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai r sebesar 0,344 dan termasuk dalam kategori rendah. Resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki pengaruh yang positif ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 11,9%.
Article Details
References
Al Ghifari, S. S., Juandi, D., & Usdiyana, D. (2022). Systematic Literature Review : Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2025–2039. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1271
Ansori, A. (2020). Analisis Kemampuan Resiliensi dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 353–362. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.353-362
Attami, D., Budiyono, & Indriati, D. (2020). Mathematical Resilience and Mathematical Problem-Solving Ability in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012028
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME, 2(2), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.1405906
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129–136. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/553
Fatimah, A. E., & Fitriani, F. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Journal of Didactic Mathematics, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i2.871
Hafiz, M., Darhim, & Dahlan, J. A. (2017). Comparison of Mathematical Resilience among Students with Problem Based Learning and Guided Discovery Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012098
Harsela, K., & Asih, E. C. M. (2020). The Level of Mathematical Resilience and Mathematical Problem-Solving Abilities of 11th Grade Sciences Students in A Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1521. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032053
Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010). Developing Mathematical Resilience. BERA Annual Conference 2010,.
Kooken, J., Welsh, M. E., McCoach, D. B., Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2016). Development and Validation of the Mathematical Resilience Scale. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 49(3), 217–242. https://doi.org/10.1177/0748175615596782
Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP di Tinjau dari Resiliensi Matematik. JPMI, 1(5), 933–940.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. JPMI, 1(5), 819–826.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics Overview. NCTM.
Nurkaeti, N. (2018). Polya’S Strategy: an Analysis of Mathematical Problem Solving Difficulty in 5Th Grade Elementary School. EduHumaniora, 10(2), 140–147. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10868
Polya. (2004). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema, 5(2), 187–202. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3619%0AANALISIS
Rohmah, S., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2020). Problem Solving Ability of Junior High School Students Viewed by Mathematical Resilience. UJER, 8(7), 3026–3033. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080731
Wilson, J. W., Fernandez, M. L., & Hadaway, N. (1993). Mathematical Problem Solving. In Research ideas for the classroom: High school mathematics (p. 78). https://doi.org/10.2307/2323271
Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47(4), 302–314. https://doi.org/10.1080/00461520.2012.722805