Penerapan Teori Perkembangan Mental Menurut Jean Piaget Di SD Al Hikmah Tembalang
Main Article Content
Abstract
Jean Piaget mencetuskan teori perkembangan yang didalamnya membahas mengenai beberapa tahapan perbembangan kognitif dimana salah satunya adalah tahapan Operasi Konkrit mengenai konsep kekekalan. Salah satu konsep kekekalan yaitu kekekalan panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian antara teori Piaget berupa kekekalan panjang dengan keadaan yang terjadi di SD Al Hikmah Tembalang. Metode yang kita gunakan yaitu wawancara langsung kepada beberapa peserta didik yang ada di SD Al Hikmah Tembalang, dengan bantuan dua buah rafia yang sama panjang. Dari wawancara ketiga peserta didik yang usianya berbeda didapatkan hasil bahwa terdapat kesesuaian antara teori perkembangan yang telah diungkapkan oleh Jean Piaget dengan keadaan ketiga siswa SD Al Hikmah Tembalang. Dapat disimpulkan bahwa dari ketiga siswa SD Al Hikmah Tembalang, sesuai dengan teori perkembangan yang dikemukakan Jean Piaget.
Article Details
References
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291-308.
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghaila Indonesia.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.