Kesesuaian Hukum Kekekalan Volume Piaget
Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif pada hukum kekekalan volume yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman anak dengan usia yang berbeda dalam memahami hukum kekekalan volume. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Kegiatan utamanya, (1) tim peneliti mengumpulkan 3 sampel dengan usia berbeda-beda, (2) melakukan percobaan sederhana dengan memanfaatkan gelas dan mangkok berisi air. Berdasarkan hasil observasi dan analisis data jawaban, diketahui hanya sebanyak satu siswa saja yang sudah memahami hukum kekekalan volume sedangkan dua lainnya belum memahami hukum kekekalan volume. Kesimpulan yang didapatkan yaitu hasil teori perkembangan kognitif yang dikemukakan Piaget bahwa usia untuk memahami kekekalan volume berada di rentang usia 11-12 tahun adalah sesuai.
Article Details
References
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Santrok, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Predamedia Group.
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Koginitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisus.