Kesesuaian Hukum Kekekalan Volume Piaget

Main Article Content

Tasya Diva Fortuna
Salsa Mahardika
Aisyah Az’Zahra
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif pada hukum kekekalan volume yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman anak dengan usia yang berbeda dalam memahami hukum kekekalan volume. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Kegiatan utamanya, (1) tim peneliti mengumpulkan 3 sampel dengan usia berbeda-beda, (2) melakukan percobaan sederhana dengan memanfaatkan gelas dan mangkok berisi air. Berdasarkan hasil observasi dan analisis data jawaban, diketahui hanya sebanyak satu siswa saja yang sudah memahami hukum kekekalan volume sedangkan dua lainnya belum memahami hukum kekekalan volume. Kesimpulan yang didapatkan yaitu hasil teori perkembangan kognitif yang dikemukakan Piaget bahwa usia untuk memahami kekekalan volume berada di rentang usia 11-12 tahun adalah sesuai.

Article Details

How to Cite
Fortuna, T., Mahardika, S., Az’Zahra, A., & (Nino Adhi), N. (2023). Kesesuaian Hukum Kekekalan Volume Piaget. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 540-545. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66786
Section
Articles

References

Ruseffendi, E.T. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Santrok, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Predamedia Group.
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Koginitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisus.