Hukum Kekekalan Volume Berdasarkan Teori Perkembangan Mental Piaget

Main Article Content

Sintya Maharani
Tentri Oksavinda Khasanah
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori piaget yang menyatakan bahwa anak berumur 11-12 tahun sudah memahami konsep kekekalan volume. Selain meneliti anak berusia 11-12 tahun, diteliti juga anak yang berusia 10 dan 13 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman anak mengenai hukum kekekalan volume. Metode yang digunakan adalah wawancara, eksperiman dan observasi. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa anak berumur 11 tahun sudah memahami konsep kekekalan volume dan anak berumur 10, 12, dan 13 belum memahami konsep kekekalan volume. Dapat diambil kesimpulan bahwasannya Teori Piaget ini kurang berlaku pada semua anak.

Article Details

How to Cite
Maharani, S., Khasanah, T., & (Nino Adhi), N. (2023). Hukum Kekekalan Volume Berdasarkan Teori Perkembangan Mental Piaget. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 546-550. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66787
Section
Articles

References

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.
Sasmi, N., & Rahman, H. K. (2022). Analisis Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13-22.
Suratno, J., Utami, N. W., & Hamid, H. (2016). Konsep Kekekalan Bilangan dan substansi: Percobaan Pembuktian teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).
Takaria, J. (2019). Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang melalui Hukum Kekekalan Isi. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 7(1), 1-11.
Winfred, F. (2012). Hill. Theories of Learning. Bandung: Nusa Media.