Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik ditinjau dari Self-Regulated pada Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistik

Main Article Content

Venty Indah Mabruro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji keefektifan model pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bansari, (2) Menguji model pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistik lebih efektif dari model pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan bepikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bansari, (3) Menguji pengaruh Self-Regulated terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bansari pada model pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bansari. Subjek penelitian dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan angket. Data kuantitatif dianalisis pada hipotesis 1 menggunakan uji proporsi satu pihak kanan dan uji rata-rata sau pihak kanan, hipotesis 2 menggunakan uji kesamaan rata-rata dua sampel pihak kanan, dan hipotesis 3 menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada model pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistik mencapai ketuntasan klasikal; (2) Kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan penerapan model pembelajaran project based learning lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan penerapan model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat pengaruh self-regulated terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik

Article Details

How to Cite
Mabruro, V. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik ditinjau dari Self-Regulated pada Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 551-556. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66788
Section
Articles

References

Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1143–1154.
Ardhyantama, V., Apriyanti, C., & Erviana, L. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Project-Based Learning as the Alternative for Distance Learning in COVID-19 Outbreak. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 141–151.
Dwijanto, Tayani, M., & Budhiati, R. (2019). The mathematical creative thinking ability viewed from learning interest in eleventh grade of vocational high school by using treffinger model assisted by problem card. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i1.29349
Fajrina, R. N. A. A., Handayanto, S. K., & Hidayat, A. (2018). Peran Model Project Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas XI IPA melalui Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 291–295.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569.
Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (pp. 1–52). (2013).
Peverly, S. T., Brobst, K. E., Graham, M., & Shaw, R. (2003). College Adults Are Not Good at Self-Regulation : A Study on the Relationship of Self-Regulation , Note Taking , and Test Taking. Journal of Educational Psychology, 95(2), 335–346. https://doi.org/10.1037/0022-0663.95.2.335
Puspitasari, R. O. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning ( PjBL ) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI OTKP di SMKS Ketintang Surabaya. Journal of Office Administration: Education and Practice, 2(1), 12–19.
Rahmazatullaili, Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183.
Trisnadati, I. (2018). Pendekatan Matematika Realistik dengan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Kemampuan Interpersonal , Berpikir Kritis , dan Prestasi Belajar. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 99–109.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.
Wulandari, N. C., Dwijanto, & Sunarmi. (2015). Pembelajaran Model React dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), 265–274