Tahap Perkembangan Mental Menurut Teori Jean Piaget pada Hukum Kekekalan Volume
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang teori yang dikembangkan oleh Jean Piaget terhadap pembelajaran matematika sesuai tingkat berfikir anak pada tahap usia operasional konkret (7-12 tahun), salah satunya dengan meneliti tentang kesesuaian perkembangan kognitif anak usia 11-12 tahun dalam memahami kekekalan volume sesuai dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-kualitatif. Telah dilakukan penelitian terhadap satu anak yang berusia di bawah 11-12 tahun, dua anak yang berusia 11-12 tahun, dan satu anak yang berusia di atas 11-12 tahun. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument non test yaitu berupa wawancara dan percobaan sederhana. Dalam proses wawancara dan percobaan sederhana ini peneliti memanfaatkan air, gelas, dan botol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 3 orang anak yang telah memahami hukum kekekalan volume, yakni anak berusia 9 tahun, 11 tahun, dan 13 tahun.
Article Details
References
Ponorogo: Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo.
Komariah, S., Laili, Adhina Fatmala Nur. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Vol. 4(2), 55-60.
Ramlah. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Journal Pendidikan UNSIKA. Vol. 3(2), 218-230.
Siregar, Nurdiana. (2017). Psikologi dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan. Vol. 2(1), 72-73.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., Sripatmi. (2021). Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget pada peserta didik kelas I dan II dalam memahami hukum kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application. Vol. 1(3), 316-327.