Penelitian Hukum Kekekalan Luas Terhadap Teori Piaget Pada Anak
Main Article Content
Abstract
Makalah yang berjudul Penelitian Hukum Kekekalan Luas Terhadap Teori Piaget Pada Anak ini membahas tentang bagaimana penerapan teori kognitif menurut piaget mengenai hukum kekekalan luas . Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui perkembangan pemahaman kognitif anak usia 8-9 tahun mengenai hukum kekekalan luas, serta membuktikan teori piaget yang membahas mengenai hukum kekekalan luas. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah deskriptif kualitatif, karena kami akan mendeskripsikan hasil penelitian kami berdasarkan fakta dilapangan. Beberapa anak yang kami jadikan sebagai subjek adalah satu anak berusia 7 tahun, 9tahun, dan 10tahun dan dua anak berusia 8 tahun. Dari penelitian ini dapat dibuktikan bahwasannya anak yang berusia 10 tahun rata-rata sudah mampu memahami kekekalan luas. Anak tersebut mampu memahami bahwa luasĀ daerah yang diututupi suatu benda akan tetap sama meskipun letak benda diubah, benda dipotong menjadi 2 bagian, dan lain sebagainya. sedangkan anak berusia 7-9 tahun terkadang masih suka terkecoh ketika melihat benda yg lainnya yg memiliki bentuk berbeda maupun letaknya diubah.
Article Details
References
Akhmad, K. A. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial.
Marizka Aulia Fahma, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. mathematics Education, Sciens and Technology, 31-42.
Novitasari, D. A. (2014). Perkembangan Intelektual Anak dalam Belajar Matematika .
Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelittian kualitatif. Jurmal Dakwah dan Komunikasi, 342-362.