Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Operasional Konkret Mengenai Hukum Kekekalan Luas Terhadap Anak Usia 8-9 Tahun

Main Article Content

Wahyudi Ramlan
Munzid Mahendra
Ighfirli Amanda Izzati
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap hukum kekekalan luas dan untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif anak usia 8 – 9 tahun dalam memahami hukum kekekalan luas sesuai dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa wawancara yang dipadukan dengan percobaan sederhana. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menyajikan suatu permasalahan luas persegi panjang dan jajar genjang. Subjek penelitian ini melibatkan 4 anak yang meliputi satu anak di bawah usia teori, dua anak sesuai usia teori yakni 8 – 9 tahun, dan satu anak di atas usia teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dengan usia di  bawah teori dan sesuai teori belum memahami mengenai hukum kekekalan luas, sedangkan siswa dengan usia diatas teori sudah memahami hukum kekekalan luas. Maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif pada anak dengan usia sesuai teori belum sesuai dengan perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Piaget.

Article Details

How to Cite
Ramlan, W., Mahendra, M., Izzati, I., & (Nino Adhi), N. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Operasional Konkret Mengenai Hukum Kekekalan Luas Terhadap Anak Usia 8-9 Tahun. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 574-579. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66795
Section
Articles

References

Aini, I. d. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa Smp Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. JPPM, 10(2), 25-30.
Alhaddad, I. (2012). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang. Jurnal ilmiah program studi matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31-44.
Orton, A. (2004). Learning Mathematics: Issue, Theory and Classroom Practice. London: Continuum.
Ruseffendi, E. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Santrok, J. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi. (2021). Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget pada. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 317-318.