Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Tipe Kepribadian pada Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Student Worksheet Berbasis Etnomatematika

Main Article Content

Windha Widyansyah
Hery Sutarto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas implementasi pembelajaran flipped classroom berbantuan student worksheet berbasis etnomatematika terhadap kemampuan penalaran matematis pada siswa kelas X SMK, serta untuk menemukan pola kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMK ditinjau dari tipe kepribadian pada pembelajaran flipped classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dapat dikategorikan baik. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan bahwa nilai siswa kelas eksperimen tuntas secara mean dan proporsi, serta memperoleh nilai rata-rata yang lebih baik dari siswa kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas implementasi pembelajaran dengan flipped classroom berbantuan student worksheets berbasis etnomatematika dapat dikategorikan baik. Selain itu, berdasarkan hasil analisis tes kemampuan penalaran matematis dan hasil wawancara subjek penelitian, menunjukkan bahwa subjek penelitian memiliki kemampuan penalaran yang berbeda-beda sesuai dengan tipe kepribadian yang dimiliki. Tipe kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe kepribadian Keirsey. Perbedaan kemampuan tersebut disebabkan oleh karakteristik setiap subjek yang berbeda. Dengan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa siswa memiliki pola kemampuan penalaran yang berbeda-beda sesuai dengan tipe kepribadiannya.

Article Details

How to Cite
Widyansyah, W., & Sutarto, H. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Tipe Kepribadian pada Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Student Worksheet Berbasis Etnomatematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 580-591. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66796
Section
Articles

References

Agustin, M. D. A. (2019). Proses Berfikir Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 29. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i2.1967
Arifendi, R. F., & Setiawan, R. (2019). Upaya Peningkatan Penalaran Matematis Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl). PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i2.435
Dewiyani, M. J., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2017). Profil Proses Berpikir Mahasiswa Tipe Kepribadian Sending Dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika. Cakrawala Pendidikan, 2.
Dewiyani, S. (2011). Menanamkan Pendidikan Karakter Berbasis Perbedaan Tipe Kepribadian pada Mata Kuliah Matriks Dan Transformasi Linear di STIKOM Surabaya. Edumatica, 1(2).
Hanifah, A. N., Sa’adah, N., & Sasongko, A. D. (2019). Hubungan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Smk Melalui Model Pembelajaran Hypnoteaching. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 121. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2692
Keirsey, D. (1998). Please Understand Me II: Temperament, Character, Intelligence. Prometheus Nemesis. https://doi.org/pleaseunderstand00keir
Kristanto, Y. D. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Flipped Classroom dan Gamifikasi: Suatu Kajian Pustaka. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 266–278.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Adita ADITAMA.
Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 209670.
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2020). Flipped Classroom (M. Kika (ed.); 1st ed.). CV ANDI OFFSET.
Sudjana. (2005). Metode Statistika (6th ed.). Tarsito.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA.
Triastuti, R., Asikin, M., & Wijayanti, K. (2014). Keefektifan Model Circ Berbasis Joyfull Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. UJME : Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1951