Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Berbantuan Video Animasi

Main Article Content

Yoga Adi Pratama
Mashuri Mashuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) berbantuan video animasi efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa dan apakah SAVI berbantuan video animasi lebih efektif dari Problem-Based Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kemampuan representasi matematis kelas SAVI berbantuan video animasi dikatakan efektif apabila tuntas klasikal dan tuntas rata-rata kelas, sedangkan dikatakan lebih efektif apabila rata-rata dan proporsi ketuntasan kemampuan representasi matematis kelas SAVI berbantuan video animasi lebih tinggi dari kelas Problem-Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quantitative method. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis kelas SAVI berbantuan video animasi mencapai ketuntasan klasikal dan tuntas rata-rata kelas, sehingga pembelajaran SAVI berbantuan video animasi efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kemudian rata-rata kemampuan representasi matematis kelas SAVI berbantuan video animasi lebih tinggi daripada rata-rata kelas Problem-Based Learning dan proporsi ketuntasan kemampuan representasi matematis kelas SAVI berbantuan video animasi lebih tinggi daripada proporsi ketuntasan kelas Problem-Based Learning, sehingga SAVI berbantuan video animasi lebih efektif dari Problem-Based Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Pratama, Y., & Mashuri, M. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Berbantuan Video Animasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 606-613. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66801
Section
Articles

References

Asikin, M. 2011. Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia
Hidayatullah, P., Akbar, M.A. dan Rahim, Z. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung : Informatika.
Lestari, Eka Karunia., dan Yudhanegara, M. Ridwan, (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 29. https://doi.org/10.24198/jmi.v13i1.11410
Liliyafi, O. dan D. S. (2018). Joyful Learning Journal. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230
Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa
Novira, R., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 287-292
NCTM. (1998). Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Res-ton. VA: NCTM
NCTM. 2000. Principles and Standards for Schools Mathematics. Res-ton. VA: NCTM
Prida N. L. Taneo., Hardi Suyitno., Wiyanto, Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Karakter Kerja Keras Melalui Model Savi Berpendekatan Kontekstual, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 122-129
Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940
Setiawan, D., Waluyo, S. B., & Mashuri. (2014). Unnes Journal of Mathematics Education KEEFEKTIFAN PBL BERBASIS NILAI KARAKTER BERBANTUAN CD MATERI SEGIEMPAT KELAS VII Info Artikel Abstrak Abstra ct. 3(1).
Setyani, A., Nizardin, & Utami, R. E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Somatic , Auditory , Visual , and Intellectual ( Savi ) Berbantu Kartu Soal Terhadap Kemampuan Representasikan Matematis Siswa. Program Study Pendidikan FPMIPATI Universitas PGRI Semarang, 20(4), 127–134.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahyudi, K. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Widya Sari,2013. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2479
Wulansari, R., Roesdiana, L., Imami, & Iksan, A. (2018). Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (Savi) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(2), 511–522.