Perkembangan Kognitif Anak Usia 11 Tahun Sudah Sesuai dengan Teori Perkembangan Kognitif Piaget dalam Hukum Kekekalan Volume
Main Article Content
Abstract
Penelitian yang kami lakukan ini bertujuan untuk mengetahui kesesuain perkembangan mental anak menurut hukum Piaget utamanya dalam hukum kekekalan volume. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hukum kekekalan Volume idealnya sudah dikuasai dan dipahami oleh anak usia 11-12 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak dengan usia 6-14 tahun dimana mencakup 1 anak dibawah usia ideal hukum kekekalan volume, 2 anak sesuai usia ideal hukum kekekalan volume, dan 1 anak di atas usia ideal hukum kekekalan volume. Instrumen yang digunakan adalah non-test berupa wawancara dan percobaan sederhana. Percobaan yang kita lakukan menggunakan 2 botol bening berbentuk sama dan 1 gelas bening berbeda bentuk serta air. Dari percobaan sederhana tersebut, diketahui bahwa 1 anak yang berusia dibawah usia ideal hukum kekekalan volume belum memahami konsep kekekalan volume, dan 2 anak pada usia ideal serta 1 anak diatas usia ideal sudah memahmi konsep kekekalan volume.
Article Details
References
Leksono, H. I. P. Interpretasi Terhadap Teori Perkembangan Mental Piaget. " Future Education in Global Challenges, 142.
Takaria, J. (2019). Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang melalui Hukum Kekekalan Isi. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 7(1), 1-11.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152.
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-263.