Kesesuaian Hukum Kekekalan Berat Pada Teori Piaget Terhadap Anak Umur 9-10 Tahun

Main Article Content

Mohamad Wegik Pulungsari
Najmah Fithria Qothrunnada
Lintang Aura Putri
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah subjek penelitian sudah memahami tentang hukum kekekalan berat pada teori piaget. Penelitian ini menggunakan metode wawancara terhadap subjek. Model penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Kegiatan utamanya: 1) Memberikan dua buah plastisin yang beratnya sama. 2) Mengubah salah satu bentuk plastisin. 3) Menanyakan apakah dua buah plastisin tersebut beratnya sama. Hasil penelitiannya: Subjek penelitian menjawab bahwa salah satu plastisin lebih berat. Kesimpulan: Subjek penelitian belum memahami tentang hukum kekekalan berat pada teori piaget.

Article Details

How to Cite
Pulungsari, M., Qothrunnada, N., Putri, L., & Dewi, N. (2023). Kesesuaian Hukum Kekekalan Berat Pada Teori Piaget Terhadap Anak Umur 9-10 Tahun. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 376-381. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66874
Section
Articles

References

Takaria, J. (2019). Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang melalui Hukum Kekekalan Isi. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 7(1), 1-11.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152.
Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep dasar perkembangan kognitif pada anak menurut Jean Piaget. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 316-327.
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291-308.
Lexy.J, Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda karya. Bandung.