Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Volume Terhadap Anak Di Bawah Usia Teori

Main Article Content

Muhammad Ilham Habibie
Alfiya Nur Rohmaniya
Elda Naida Purba
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keabsahan teori perkembangan mental Piaget tahap operasional konkret khususnya pemahaman pada hukum kekekalan volume kepada anak di bawah usia 12 tahun yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini empat orang anak, dua anak berjenis kelamin laki-laki dan dua anak berjenis kelamin perempuan. Dalam penelitian ini menggunakan satu cara percobaan yaitu dengan melakukan percobaan secara langsung. Berdasarkan hasil pembahasan dari penelitian, kesimpulan dari penelitian ini adalah keabsahan teori perkembangan mental Piaget tahap operasional konkret berlaku di bawah 12 tahun dan pada anak yang usianya tidak berada pada tahap operasional konkret yang ada ternyata sudah memahami konsep kekekalan volume.  

Article Details

How to Cite
Habibie, M., Rohmaniya, A., Purba, E., & Dewi, N. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Volume Terhadap Anak Di Bawah Usia Teori. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 382-388. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66875
Section
Articles

References

Haylock, D. (2007). Key concepts in teaching primary mathematics. Key Concepts in Teaching Primary Mathematics, 1-200.
Piaget, J. (2003). The psychology of intelligence. Routledge.
Ramlah, R. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 3(2).
Ruseffendi, E. T. (1984). Dasar-dasar Matematika Modern untuk Guru. Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: tarsito.
Sinclair, N. (2010). Knowing more than we can tell. In Theories of Mathematics Education (pp. 595-612). Springer, Berlin, Heidelberg.
Suratno, J., Utami, N. W., & Hamid, H. (2016). Konsep Kekekalan Bilangan dan substansi: Percobaan Pembuktian teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).
Takaria, J. (2019). Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang melalui Hukum Kekekalan Isi. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 7(1),