Implementasi Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Hukum Kekekalan Bilangan Terhadap Anak Usia 5-9 Tahun

Main Article Content

Muhammad Khoirul A’mal
Atikah Azhar Syarif
Clara Rosita Hani
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui apakah anak usia 5-9 tahun sudah memahami hukum kekekalan bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang anak berusia 5 tahun, 2 anak berusia 7 tahun dan 1 anak berusia 9 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai 4 orang anak usia 5-9 tahun dengan memberikan pertanyaan mengenai hukum kekekalan bilangan baik secara langsung maupun virtual. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa teori perkembangan mental piaget pada hukum kekekalan bilangan sudah sesuai dengan usia anak yaitu 6-7 tahun tetapi masih ada fenomena dimana anak pada usia tersebut belum memahami hukum kekekalan bilangan.

Article Details

How to Cite
A’mal, M., Syarif, A., Hani, C., & Dewi, N. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Hukum Kekekalan Bilangan Terhadap Anak Usia 5-9 Tahun. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 396-401. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66878
Section
Articles

References

Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap perkembangan kognitif matematika siswa SMP kelas VII berdasarkan teori Piaget ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), hal 25-30.
Alhaddad, I. (2012). Penerapan teori perkembangan mental piaget pada konsep kekekalan panjang. Infinity Journal, 1(1), 31-44.
Astuti, A. G. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS BERTIPE KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERKAIT DENGAN KONSERVASI BAGI ANAK BERUSIA 7-8 TAHUN Ajeng Gelora Astuti. 221–230.
Funny, R. A. (2014). Students’ initial understanding of the concept of conservation of area. Journal on Mathematics Education, 5(1), 57–65.
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291-308.
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Santrok, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Subandi. (2011). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, 19, 173–179.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 316–327. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.79