Telaah Model Project Based Learning Berbantuan Google Sites terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa

Main Article Content

Muhammad Zahwan Rafiadzkay
Amidi Amidi
Adi Satrio Ardiansyah

Abstract

Model Project Based Learning berbantuan Google Sites merupakan model Project Based Learning (PjBL) yang menggunakan media Google Sites. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji model PjBL berbantuan Google Sites dan juga untuk mengetahui pengaruh model PJBL terhadap kemampuan literasi matematika siswa.  Metode dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa artikel yang berkaitan dengan penelitian ini kemudian dibaca dan dikaji. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu diperoleh langkah-langkah pembelajaran model PjBL pada media Google Sites. Berdasarkan beberapa literatur yang telah dianalisis, diperoleh keterkaitan model PjBL terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh bahwa model PjBL dapat dilaksanakan menggunakan media Google Sites, model PjBL berbantuan Google Sites berdampak positif untuk mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa. PjBL berbantuan Google Sites membuat siswa aktif untuk memecahkan masalah kompleks melalui proyek yang menghasilkan produk nyata. Dengan PjBL berbantuan Google Sites, siswa juga mendapat pengalaman belajar mandiri, fokus, dan realistis. Saran dalam penelitian ini yaitu diperlukan adanya pengembangan instrumen model PjBL berbantuan Google Sites serta penelitian lebih lanjut terkait implementasi model PjBL berbantuan Google Sites pada pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Rafiadzkay, M., Amidi, A., & Ardiansyah, A. (2023). Telaah Model Project Based Learning Berbantuan Google Sites terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 402-408. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66879
Section
Articles

References

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702
Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Reseapedia, 1(1), 5–24.
Hamidah, H. et. a. (2020). Hots-oriented module: project based learning.
Harsanto, B. (2014). Inovasi Pembelajaran Di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Unpad Press, 106.
Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.
Jari, A., Istiqomah, & Taufiq, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi deret aritmatika. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 41–50. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/5100
Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan Google Sites pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SPMN 1 Astambul. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68–73. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1183
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
Lame, G. (2019). Systematic literature reviews: An introduction. Proceedings of the International Conference on Engineering Design, ICED, 2019-Augus(August), 1633–1642. https://doi.org/10.1017/dsi.2019.169
Ning, W., Kumalaretna, D., & Harapan, S. M. K. T. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205.
Nuryati, Tjipto Subadi, Ahmad Muhibbin, Budi Murtiyasa, S. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(2), 524–532.
OECD. (2019). Indonesia Education at a Glance. OECD: Country Note, 1–5. https://www.oecd.org/education/education-at-a-glance/
Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50
Roikhatul Jannah, R., Budi Waluya, S., & Asikin, M. (2021). Systematic Literatur Review: Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(02), 227–234. http://garuda.ristekdikti.go.id/
Salehuddin, M. (2020). Project-Based Learning Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya … P-ISSN 2477-5436 and E-ISSN 2549-6433. 6(1), 28–40.
Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719
Setiawan, H., Diah, N., & Lestari, S. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Math problems in PISA Mathematical Literacy with Connection and high level Thinking Skills). Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 1(1), 244–251.
Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633.
Wicaksana, Y., & Ridlo, S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 6(2), 167–174. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971