Pembuktian Perkembangan Kognitif Individu pada Usia 6-9 Tahun Berdasarkan Teori Piaget dalam Aspek Kekekalan Volume
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan tentang teori yang dikembangkan oleh Jean Piaget pada tahap operasional konkret terlebih dalam aspek kekekalan volume mengenai perkembangan kognitif pada individu yang belum memasuki tahap tersebut yaitu pada anak usia 6-9 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan wawancara yang dilakukan baik secara online maupun offline terhadap empat orang anak berusia 6-9 tahun di sekitar tempat tinggal peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak pada tahap operasional konkret khususnya dalam aspek kekekalan volume belum seluruhnya memahami konsep tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setiap anak memiliki tingkatan kemampuan kognitif atau perkembangan intelektual yang berbeda-beda meskipun mereka belum memasuki tahap operasional konkret.
Article Details
References
Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.
Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 31-42.
FARIDATUL, W. (2021). KESESUAIAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET PADA PESERTA DIDIK KELAS I DAN II MADRASAH IBTIDAIYAH YAYASAN AL-MUKHTARIYAH AL-ISLAMIYAH MAMBEN DAYA DALAM MEMAHAMI HUKUM KEKEKALAN TAHUN AJARAN 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2019). Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).
Handika, H. H., Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 124-140.
Handika, H., Zubaida, T., & Wahyuni, M. (2022). Analysis of Cognitive Development Theory According to Jean Piaget and Its Implications for Learning Mathematics. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 12(1), 1-10.
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan kemasyarakatan, 10(2), 291-308.
Hutasuhut, A. R., & Armanto, D. (2022). Meta Analysis of Mathematical Learning Participants According to Piaget Theory. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 150-159.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.
Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep dasar perkembangan kognitif pada anak menurut Jean Piaget. DIALEKTIKA: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Dasar, 5(1).
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152.
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-263.
Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153-162.
Riyatuljannah, T., & Suyadi, S. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa pada Pemahaman Konsep Matematika Kelas V SDN Maguwoharjo 1 Yogyakarta. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 48-54.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 316-327.
Witasari, R. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Tercapai Pada Siswa Usia Dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 9(1), 88-108.