Telaah Model Challenge Based Learning Bernuansa STEM Terintegrasi Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
Main Article Content
Abstract
Mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi tuntutan abad ke-21 merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan dalam bidang pendidikan. Berpikir kreatif menjadi salah satu keterampilan 4C, keterampilan 4C merupakan tututan bagi lulusan di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis STEM-CBL terintegrasi video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kajian studi literatur dilakukan melalui analisis hasil studi nasional dan internasional untuk menemukan inovasi pembelajaran matematika yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Inovasi model Challenge Based Learning (CBL) bernuansa Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terintegrasi video pembelajaran menjadi salah satu alternatif dalam menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan berpikir kreatif. Tercatat bahwa penggunaan model CBL membuat siswa berkreasi dan berinovasi sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mereka. Pembelajaran bernuansa STEM yang bermakna memberikan sentuhan tersendiri dalam mengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa. Integrasi video pembelajaran akan memunculkan kreativitas siswa, meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa, dan menciptakan komunikasi yang lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, inovasi model CBL bernuansa STEM terintegrasi video pembelajaran dapat memberikan dampak yang baik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Lebih lanjut, dapat dikembangkan bahan ajar yang terintegrasi dengan inovasi pembelajaran tersebut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Article Details
References
Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI LANDASAN TEORI DAN PRAKTIK KONSELING RESOLUSI KONFLIK INTERPERSONAL. Bk Unesa, 03, 223–225.
Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2018). Unnes Journal of Mathematics Education Research Student’s Creative Thinking Skill and Belief in Mathematics in Setting Challenge Based Learning Viewed by Adversity Quotient Universitas Negeri Semarang , Indonesia. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(143), 61–70.
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Rineka Grafindo Persada.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Ejiwale, J. A. (2013). Barriers To Successful Implementation of STEM Education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 7(2), 63–74. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.220
Fairazatunnisa, Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942–1956.
Hanif, S., Wijaya, A. F. C., & Winarno, N. (2019). Enhancing Students’ Creativity through STEM Project-Based Learning. Journal of Science Learning, 2(2), 50. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.13271
Helsinki, E. P. (1997). The state-of-art in mathematical creativity. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 29(3), 63–67. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0001-z
Johnson et al. (2009). Challenge-Based Learning An Approach for Our Time. In The New Media Consortium.
Kadir, Lucyana, & Satriawati, G. (2017). The implementation of open-inquiry approach to improve students’ learning activities, responses, and mathematical creative thinking skills. Journal on Mathematics Education, 8(1), 103–114. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3406.103-114
Khoirotunnisa’, A. U., & Irhadtanto, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Traditional Flipped Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 17. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.768
Kurniawan, D. T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilme Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Sd Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 21–26.
Leikin, R. (2013). Evaluating mathematical creativity : The interplay between multiplicity and insight. Psychological Test and Assessment Modeling, 55(4), 385–400.
Levenson, E. (2013). Tasks that may occasion mathematical creativity: Teachers’ choices. Journal of Mathematics Teacher Education, 16(4), 269–291. https://doi.org/10.1007/s10857-012-9229-9
Majid, A. (2012). Perencanaan pembelajaran. Remaja Rosda Karya.
Mann, E. L. (2006). Creativity: The essence of mathematics. Journal for the Education of the Gifted, 30(2), 236–260. https://doi.org/10.4219/jeg-2006-264
Milaturrahmah, N., Mardiyana, & Pramudya, I. (2017). Science, technology, engineering, mathematics (STEM) as mathematics learning approach in 21st century. AIP Conference Proceedings, 1868(August). https://doi.org/10.1063/1.4995151
Mu’Minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Stem Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(2012), 1496.
Nichols, M., Cator, K., Torres, M., & Digital Promise and The Challenge Institute. (2016). Challenge Based Learner User Guide. 59.
Nufus, H., Duskri, M., & Bahrun, B. (2018). Mathematical Creative Thinking and Student Self-Confidence in the Challenge-Based Learning Approach. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(2), 57. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i2.6367
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.
Reeve, E. (2013). Implementing Science , Technology , Mathematics , and Engineering ( STEM ) Education in Thailand and in ASEAN A Report Prepared for : Prepared by : 1–22.
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. Zentralblatt Für Didaktik Der Mathematik, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x
Siswono, T. Y. E., & Novitasari, W. (2007). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMECAHAN MASALAH TIPE ”WHAT’S ANOTHER WAY”. 3.
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892.
Wulandari, P. H., Putra, D. A., & Faradita, M. N. (2022). PENERAPAN MODEL OPEN ENDED PROBLEMS BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA PENDAHULUAN Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi setiap manusia . Pendidikan dapat manusia me. 6(1), 18–32.
Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.5376
Yang, Z., Zhou, Y., Chung, J. W. Y., Tang, Q., Jiang, L., & Wong, T. K. S. (2018). Challenge Based Learning nurtures creative thinking: An evaluative study. Nurse Education Today, 71(September), 40–47. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.09.004
Yoosomboon, S., & Wannapiroon, P. (2015). Development of a Challenge Based Learning Model via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Information Management Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2102–2107. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.008
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, September, 1–7.