Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menunjang Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Main Article Content

Restu Ayu Gustianingrum
Atma Murni
Maimunah Maimunah

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan bagian dari salah satu elemen projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu bernalar kritis. Pelajar yang berpikir kritis mampu secara objektif memproses informasi, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal barisan dan deret. Penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif ini mengumpulkan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Sebanyak 33 orang peserta didik SMAN 1 Kampar mengerjakan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil tes kemampuan berpikir kritis yang diperoleh pada indikator interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi berturut-turut adalah 18%, 23%, 30% dan 24%. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah pada materi barisan dan deret. Informasi yang mendalam melalui wawancara diperoleh dari 6 orang subjek penelitian yang menyatakan bahwa peserta didik belum terbiasa menyelesaikan soal-soal berpikir kritis saat pembelajaran di kelas. Guru disarankan untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam proses pembelajaran dalam rangka menunjang penguatan profil pelajar Pancasila.

Article Details

How to Cite
Gustianingrum, R., Murni, A., & Maimunah, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menunjang Penguatan Profil Pelajar Pancasila. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 465-470. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66908
Section
Articles

References

Afifah, S. N., & Kusuma, A. B. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis pada Pembelajaran Daring Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313-320.
Andriani, I., & Suparman. (2018). Deskripsi Bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 221–226. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan
Arofah, L., & Nawantara, R. D. (2019). Pentingnya Critical Thinking Bagi Siswa dalam Menghadapi Society 5.0. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3).
Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Pada Materi Barisan Aritmatika. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 30-44.
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a new human-centered society. Japan Spotlight, 27(5), 47-50.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.
Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155–158.
Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 821–831.
Prasetyo, N. H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 271-279.
Puslitjakdkbud. 2021. Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan: Kemdikbud
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625.
Solikhin, M., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada pelajaran IPA saat pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 188-192.
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320-325.
Zakiah, Linda & Lestari, Ika. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi