Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget dalam memahami hukum kekekalan bilangan pada anak usia 3-11 tahun

Main Article Content

Ria Lita Arafu
Devi Ayu Listiani
Gosanta Jalurisi
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara teori perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget dengan perkembangan kognitif anak-anak pada usia 6-7 tahun dalam memahami hukum kekekalan yang terfokuskan pada hukum kekekalan bilangan  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskripsi Kualitatif  terhadap 8 anak  dengan rentang usia 3-11 tahun yang meliputi kegiatan pemberian tes, wawancara, dan percobaan sederhana dengan media yang digunakan berupa kardus dan penjepit kertas (clips) yang disusun menjadi 2 formasi yaitu formasi renggang dan rapat. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa diketahui 4 anak belum memahami hukum kekekalan bilangan dan 4 anak sudah memahami hukum kekekalan bilangan berdasarkan konsep hukum kekekalan bilangan yang dikemukakan oleh Jean Piaget.

Article Details

How to Cite
Arafu, R., Listiani, D., Jalurisi, G., & Dewi, N. (2023). Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget dalam memahami hukum kekekalan bilangan pada anak usia 3-11 tahun. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 471-479. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66914
Section
Articles

References

Hidayati,K.,(2012).”Pembelajaran Matematika Usia Sd/Mi Menurut Teori Belajar Piaget”. Cendekia 10 (2), 292-308
Ibda, Fatimah.(2015).” Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget”. Intelektualita 3(1), 27-38
Ramda, AH., Prahmana, RCI., Mulu H., Gunur, B.,(2018).” Kemampuan Konservasi Panjang Pada Siswa Usia 6-7”. Jurnal Gantang III(2), 109–116
Subandi.(2011).”Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan”. Harmonia 11(2), 173-179
Wardi, Faridatul,Laila Hayati , Nani Kurniati & Sripatmi.(2021). “Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget pada peserta didik kelas I dan II dalam memahami hukum kekekalan”. Griya Journal of Mathematics Education and Application 1(3) ,316-327