Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget dalam memahami hukum kekekalan bilangan pada anak usia 3-11 tahun
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara teori perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget dengan perkembangan kognitif anak-anak pada usia 6-7 tahun dalam memahami hukum kekekalan yang terfokuskan pada hukum kekekalan bilangan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskripsi Kualitatif terhadap 8 anak dengan rentang usia 3-11 tahun yang meliputi kegiatan pemberian tes, wawancara, dan percobaan sederhana dengan media yang digunakan berupa kardus dan penjepit kertas (clips) yang disusun menjadi 2 formasi yaitu formasi renggang dan rapat. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa diketahui 4 anak belum memahami hukum kekekalan bilangan dan 4 anak sudah memahami hukum kekekalan bilangan berdasarkan konsep hukum kekekalan bilangan yang dikemukakan oleh Jean Piaget.
Article Details
References
Ibda, Fatimah.(2015).” Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget”. Intelektualita 3(1), 27-38
Ramda, AH., Prahmana, RCI., Mulu H., Gunur, B.,(2018).” Kemampuan Konservasi Panjang Pada Siswa Usia 6-7”. Jurnal Gantang III(2), 109–116
Subandi.(2011).”Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan”. Harmonia 11(2), 173-179
Wardi, Faridatul,Laila Hayati , Nani Kurniati & Sripatmi.(2021). “Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget pada peserta didik kelas I dan II dalam memahami hukum kekekalan”. Griya Journal of Mathematics Education and Application 1(3) ,316-327