Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa SMP Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo

Main Article Content

Risda Azizatul Marifah
Kartono Kartono

Abstract

Berpikir komputasi merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa dalam menghadapi perkembangan Information and Communication Technologies di abad ke-21. Berpikir komputasi melatih seseorang untuk memecahkan masalah di dunia nyata dengan cara berpikir kreatif, efektif, dan logis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Problem Based Learning berbantuan Edmodo terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa dan mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi siswa ditinjau dari self-efficacy. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan model sequential explanatory design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Banjarbaru. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Edmodo efektif terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa. Dalam aspek berpikir komputasi, siswa dengan self-efficacy tinggi memiliki keyakinan dan kepercayaan diri tinggi, serta mampu memenuhi empat indikator berpikir komputasi yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir secara logaritmik. Siswa dengan self-efficacy sedang memiliki keraguan dan kurang rasa percaya diri ketika dihadapkan dengan suatu masalah, serta siswa hanya mampu memenuhi tiga indikator berpikir komputasi. Sedangkan siswa self-efficacy rendah memiliki keraguan, kurang rasa percaya diri, dan kurang yakin dalam menghadapi tantangan atau tugas yang diberikan, serta siswa hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir komputasi.

Article Details

How to Cite
Marifah, R., & Kartono, K. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa SMP Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 480-489. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66915
Section
Articles

References

Anistyasari, Y., Ekohariadi, E., & Munoto, M. (2020). Strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan pemrograman dan berpikir komputasi: sebuah studi literatur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 37-44.
Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111-126.
Ardiyanto, D., Budiyono, B., & Usodo, B. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Team Assisted Individualization Dan Student Teams Achivement Divisions Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Dan Ketrampilan Komputasi Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(5).
Beecher, K. (2017). Computational Thinking, A beginner’s guide to problem-solving and programming. UK: BCS Learning & Development Ltd.
Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Rumble, M. (2012). Defining Twenty-First Century Skills. Assessment and Teaching of 21st Century Skills.
Creswell, J. W. & Clark, V. L. P. (2011). Designing and Conducting Mixed Methods Research (Second Edi). Sage Publication.
Dwiharja, L. M. (2015). Memanfaatkan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, No. 1, pp. 332-344).
Ekayati, R. (2017). Optimalisasi aplikasi edmodo dalam meningkatkan kemandirian belajar dan kesadaran berbahasa mahasiswa pada mata kuliah literary criticism di FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1).
Filiz, K. (2018). “Characteristics of Studies Conducted on Computational Thinking: A Content Analysis,” in Computational Thinking in the STEM Disciplines Foundations and Research Highlights, ed. Myint Swe Khine (Switzerland: Springer International Publishing, 2018), 11– 29.
Handayani, F. (2013). Hubungan self-efficacy dengan prestasi belajar siswa akselerasi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2).
Huurun’ien, K. I., Efendi, A., & Tamrin, A.G. (2017). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Schoology Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 6 Surakarta Pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK), 10(2), 36-46.
Ioannidou, A. (2011). Computational thinking Patterns. Annual Meeting of The American Educational Research Association (AERA).
ISTE, I., & CSTA, C. (2011). Operational definition of computational thinking for K-12 education. National Science Foundation.
OECD. (2018). The Future of Education and Skills Education 2030. New York: OECD Publishing.
OECD. (2019). ISA 2021 Creative Thinking Framework (Third Draft).
Maylitha, E., Hikmah, S. N., & Hanifa, S. (2022). Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8051-8062.
Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nogueira, J., & Veiga, F. H. (2014). Relationships as a basis of engagement? Self-efficacy and school engagement of pupils in school. Envolvimento dos Alunos na Escola: Perspetivas Internacionais da Psicologia e Educação/Students’ Engagement in School: International Perspectives of Psychology and Education, 373-385.
Rahmadhani, L., & Mariani, S. (2021). Kemampuan Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP Melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 289-297.
Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2014). Profil pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media dan sumber pembelajaran oleh guru biologi.
Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke. Bandung Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.
Surjono, H. D. (2013). Peranan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam peningkatan proses pembelajaran yang inovatif. In Seminar Nasional Pendidikan & Saintec UMS.
Tresnawati, D., Setiawan, R., Fitriani, L., Mulyani, A., Rahayu, S., Nasrullah, M. R., ... & Sutedi, A. (2020). Membentuk Cara Berpikir Komputasi Siswa di Garut Dengan Tantangan Bebras. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 55-60.
Wulandari, N. P., Novitasari, D., Junaidi, J., & Baidowi, B. (2021). Pandangan Mahasiswa: Pentingnya Kemampuan Information and Communication Technology (ICT) bagi Calon Guru Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG, 9(3), 266-275.
Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka kerja PISA 2021: era integrasi computational thinking dalam bidang matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 706-713).