Analisis Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget pada Konsep Kekekalan Luas dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

stefany Margaretha Hutauruk

Abstract

Tahapan perubahan terjadi dalam rentang kehidupan manusia. Jean Piaget salah satu tokoh yang mengemukakan tahapan perkembangan kognitif. Pengetahuan peserta didik yang terbentuk berangsur sejalan dengan tahap-tahap perkembangan kognitif. Ini dilakukan untuk melihat perbedaan kemampuan peserta didik yang diteliti dalam menguasai kekekalan luas sesuai tingkat berpikir peserta didik pada tahap usia operasional konkret 7-12 tahun. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara sehingga hasil wawancara digunakan untuk menarik kesimpulan dalam penelitian. Kegiatan inti dari penelitian ini adalah (1) membuat tes instrumen; (2) melakukan wawancara; dan (3) menganalisis data menggunakan konten analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik di bawah usia 8-9 tahun belum menguasai hukum kekekalan luas, sedangkan peserta didik usia 8-9 tahun masih dalam tahap pemahaman, dan peserta didik di atas usia 8-9 tahun sudah menguasai hukum kekekalan luas.

Article Details

How to Cite
Hutauruk, stefany. (2023). Analisis Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget pada Konsep Kekekalan Luas dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 521-528. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66919
Section
Articles

References

Ahmad, S. (2012). Perkembangan Peserta didik Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspek. Kencana Prenada Media Group.
Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta didik Usia 11 Tahun Di Brebes. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97-108.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Peserta didik Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Farida, F. (2018). Upaya Mengoptimalkan Perkembangan Peserta didik Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4263
Karim, M. B., dan Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Peserta didik Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Peserta didik Usia Dini, 1(2), 103–113.
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap peserta didik usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.
Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Gramedia.
Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan peserta didik. In 1. Salemba Humanika.
Senduk, A.G. (1985). Teori Perkembangan Intelektual Jean Piaget. Bandung: FPS IKIP Bandung
Suhono, dan Utama, F. (2017). Perkembangan Peserta didik Usia Dini ( Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Kajian Kitab Tarbiyyah Al-Aulad Fi Al-Islam ). Elemetary, 3, 107– 119.
Suparno, P. (2003). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 316-327.