Kajian Teori: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK
Main Article Content
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran di sekolah yang berperan penting dalam menciptakan siswa yang berkualitas. Terdapat keterampilan dasar matematika yang harus dimiliki dari aspek kognitif siswa salah satunya yaitu koneksi matematis. Disamping aspek kognitif, aspek lain yang perlu ditingkatkan adalah aspek afektif, dalam hal ini self-confidence. Pada abad ke-21 peranan terknologi informasi dan komunikasi merupakan bentuk upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk itu pemilihan model pembelajaran harus tepat. Salah satunya menggunakan model pembelajaran preprospec berbantuan TIK. Penelitian ini bertujuan memaparkan kajian bagaimana kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self-confidence pada pembelajaran preprospec berbantuan TIK. Studi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan studi literatur dengan mengumpulkan sumber berupa artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran preprospec berbantuan TIK dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian selanjutnya perlu dianalisis lebih lanjut bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari self-confidence dengan mengimplementasikan model pembelajaran preprospec berbantuan TIK.
Article Details
References
Apipah, S., & AL-Hikmah Karang Asem, M. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment Info Artikel. Ujmer, 6(2), 148–156
Dewi, N. R. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Penerbit Lakeisha
Faturohman, I., Iswara, E., & Gozali, S. M. (2022). Self-Confidence Matematika Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85-94.
Fadlurreja, R., Dewi, N., R., & Ridlo, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran PACE. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 616–62.
Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657-666.
Iswara, R., Dewi, N. R., & Cahyono, A. N. (2021). Student Mathematic Connection Ability Through Ict Assisted Preprospec Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(2), 122-128.
Noviyanto, T. S. H., & Sumaryoto, S. I. (2021). Pengaruh Rasa Ingin Tahu Dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 1(2), 143-150.
Prasetia, Yasin. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Gaya Berpikir Menurut Gregorc pada Model Pembelajaran CORE. Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Effective Competency Based School Model. Jurnal Tarbiyah, 27(1).
Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62.
Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).
Saminanto, K. (2015). Analysis of mathematical connection ability in linear equation with one variable based on connectivity theory. International Journal of Education and Research, 3(4), 259-270.
Siahaan, S. (2013). Menuju Arah Pendidikan Berkualitas di Daerah Tertinggal dan Perbatasan Melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal Teknodik, 17(1), 596–605
Vandini, I. (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).