Penelitian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Terhadap Hukum Kekekalan Materi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori pembelajaran kognitif oleh Piaget yang menyatakan bahwa pemahaman seseorang itu mengalami perkembangan dari lahir sampai dewasa. Piaget meyakini bahwa perkembangan kognitif terjadi dalam empat tahapan. Tahapan tersebut yaitu sensorimotor, pra-operasional, operasional konkret, dan operasional formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan perkembangan anak terkait hukum kekekalan materi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu berupa hasil wawancara secara virtual kepada empat subjek orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat seorang anak berusia 6 tahun yang memahami konsep kekekalan materi yang secara teori sebenarnya belum memasuki tahap operasional konkret. (2) Terdapat anak usia 7 dan 9 tahun yang sudah memahami konsep kekekalan materi dan sesuai dengan rentang usia tahap operasional konkret. (3) Terdapat anak berusia 8 tahun yang belum memahami konsep kekekalan materi walaupun sudah memasuki rentang usia dalam tahap operasional konkret. Jadi diperoleh kesimpulan bahwa teori perkembangan kognitif Piaget tidak selamanya sesuai karena terdapat faktor lain yang mempengaruhi.
Article Details
References
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. EQUILIBRIUM, Vol. 5, No. 9, 1-8.
Uswatun, Latifah. 2021. Penelitian Kualitatif: Teknik Analisis Data Deskriptif, https://dqlab.id/penelitian-kualitatif-teknik-analisis-data-deskriptif, diakses 28 September 2022
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan& KeislamanVol. 13, No. 1, 116-118.
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 1, 90-95.