Teori Perkembangan Mental Piaget dalam Penerapannya di Hukum Kekekalan Massa

Main Article Content

Farahita Yunandini Arumbifa

Abstract

Hukum kekekalan massa menurut teori Piaget menyatakan bahwa massa suatu benda akan tetap sama meskipun bentuk, tempat, atau penimbangan benda tersebut berbeda. Untuk membuktikan teori ini dilakukan suatu penelitian pada peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah peserta didik sudah memenuhi atau menguasai hukum kekekalan massa. Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara secara langsung dan virtual. Kegiatan utamanya berupa percoban penimbangan pada plastisin terhadap 4 subjek dengan kategori umur yang berbeda. Diperoleh hasil bahwa Subjek 1 dengan umur 6 tahun memenuhi hukum kekekalan massa, Subjek 2 dan 3 dengan umur 10 tahun hanya terdapat satu yang memenuhi hukum kekekalan massa, dan Subjek 4 dengan umur 12 tahun memnuhi hukum kekekalan massa. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 peserta didik yang sudah memenuhi atau menguasai hukum kekekalan massa.

Article Details

How to Cite
Arumbifa, F. (2023). Teori Perkembangan Mental Piaget dalam Penerapannya di Hukum Kekekalan Massa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 280-284. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66925
Section
Articles

References

Alhaddad, I. (2012). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang. INFINITY: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31-44.
Asiala, M., Mathews, D., Morics, S., Oktac, A., & Dubinsky, E., (1997). Development of students understanding of cosets, normality and quotient groups, Journal of Mathematical Behavior, 16(4), 241-309.
Bernardo, A. B. I. (2002). Language And Mathematical Problem Solving Among Bilinguals. The Journal of Psychology, 136(3), 283-297.
Campanario. J. M. (2009). The Parallelism Between Scientists’ and Students’ Resistance to New scientific ideas. International Journal of Science Education, 24(10), 1095-1110.
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran Matematika Usia SD/MI Menurut Teori Belajar Piaget. Cendekia, 10(2), 291-378.
Hidayati, K. (2012). PEMBELAJARAN MATEMATIKA USIA SD/MI. Cendekia, Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo, 10, 292-307. (Online). (https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/download/417/342, diakses 30 September 2022).
Ihda, N. (2015). Perkembangan Kognitif:Teori Jeam Piaget. Intelektualita. Aceh. Vol 3(1)
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.
Light, M. A., & Light, I. H. (2008). The geographic expansion of Mexican immigration in the United States and its implications for local law enforcement. Law Enforcement Executive Forum Journal, 8(1), 73-82.
N., Bernika Rahmania. (2017). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasi Konkret Pada Usia 7-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Luas. (Online). (https://www.academia.edu/36473248/MAKALAH_PENELITIAN_KECIL, diakses 30 September 2022).
Ramda, A. H., Rully, C. I. P., Heldegaris. M., & Bedilius. G. (2018). Kemampuan Konservasi Panjang Pada Siswa Usia 6-7. Jurnal GANTANG, 3(2), 109-116.
Ramlah. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA, 3(2), 218-230.
Somakim, dkk. (2007). Teori Belajar Dienes. (Online). (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132303693/pendidikan/PengembanganPembelajaranMatematika_UNIT_2_0.pdf, diakses 30 September 2022).
Sripatmi. Faridatul, W., dkk (2021). Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget pada peserta didik kelas I dan II dalam memahami hukum kekekalan. Griya Journal of Matematics Education and Application. Vol 1(3).
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., Sripatmi. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Peserta Didik Kelas I dan II dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 316-327.