Kesesuaian Teori Kognitif Jean Piaget Pada Kemampuan Anak Tahap Operasional Konkret Tentang Kekekalan Panjang Pada Usia 7-8 Tahun

Main Article Content

Faza Intan Azzahra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif anak-anakĀ  dalam memahami hukum kekekalan panjang sesuai dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Populasi penelitian ini adalah anak-anak dengan usia 6-12 tahun, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut didapatkan 4 sampel penelitian. 1 sampel dari usia 6 tahun, 2 sampel dari usia 7 tahun, dan 1 sampel dari usia 12 tahun. Instrumen yang digunakan adalah non-test berupa wawancara yang dipadukan dengan percobaan sederhana langsung di depan masing-masing sampel tentang hukum kekekalan panjang. Wawancara dan percobaan sederhana dalam penelitian ini memanfaatkan sebuah sedotan sebagai medianya. Berdasarkan hasil wawancara dan percobaan sederhana, dari 4 sampel yang diteliti diketahui bahwa ada 1 anak usia 7 tahun dan 1 anak usia 12 tahun yang sudah memahami hukum kekekalan panjang serta ada 1 anak usia 6 tahun dan 1 anak usia 7 tahun yang belum memahami konsep kekekalan panjang. Untuk peneliti selanjutnya bisa melakukan penelitian lanjutan mengenai penyebab adanya anak yang sudah memasuki tahap berpikir konkret akan tetapi belum mampu memahami hukum kekekalan panjang.

Article Details

How to Cite
Azzahra, F. (2023). Kesesuaian Teori Kognitif Jean Piaget Pada Kemampuan Anak Tahap Operasional Konkret Tentang Kekekalan Panjang Pada Usia 7-8 Tahun. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 285-289. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66926
Section
Articles

References

Aini, I.N dan Hidayati, N. 2017. Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa Smp Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. JPPM, 10(2), 25-30.
Alhaddad, I. 2012. Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang. Jurnal ilmiah program studi matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31- 44.
Hayati L., Kurniati N., Sripatmi, & Wardi F., (2021). Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget pada peserta didik kelas I dan II dalam memahami hukum kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 317-321.
Hindun, S dan Ruseffendi, E.H. 2018. Apakah Teori Perkembangan Kognitif Piaget Berlaku di Indonesia?. UNINUS Journal Published, 3(2), 99-103
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisus.
Orton, A. 2004. Learning Mathematics: Issue, Theory and Classroom Practice (3rd ed). London: Continuum.