Kesesuaian Teori Perkembangan Piaget pada Hukum Kekekalan Volume

Main Article Content

Aulia Hurul Aini

Abstract

Menurut piaget dalam teori perkembangan kognitif dan mental anak salah satunya adalah anak usia 11 hingga 12 tahun dapat menentukan kekekalan volume. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan teori perkembangan kognitif dan mental anak khususnya hukum kekekalan volume pada usia pra operasional, operasional, dan pasca operasional. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini didapatkan dua hasil dari dua percobaan yang berbeda kepada anak yang berbeda pula di setiap percobaanya di mana pada uji coba pertama menggunakan alat peraga tingkat tinggi. Hasilnya, beberapa anak pada usia pra-operasional dan pasca-operasional sesuai dengan teori perkembangan Piaget, dan anak pada tahap usia operasional ada yang belum sesuai dengan teori Piaget. Sedangkan hasil pada percobaan kedua dimana alat peraga tersebut lebih sederhana. Hasilnya yaitu beberapa anak pada usia pra-operasional dan pasca-operasional sesuai dengan teori perkembangan Piaget, dan anak pada tahap usia operasional ada yang belum sesuai dengan teori Piaget. Jadi, dapat disimpulkan bahwa anak pada usia operasional masih ada yang belum memahami teori kekekalan volume.

Article Details

How to Cite
Aini, A. (2023). Kesesuaian Teori Perkembangan Piaget pada Hukum Kekekalan Volume. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 319-324. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66930
Section
Articles

References

Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap perkembangan kognitif matematika siswa SMP kelas VII berdasarkan teori Piaget ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291-308.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152.
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Ruseffendi, E. T. (2018). APAKAH TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET BERLAKU DI INDONESIA?. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(2), 99-103.
Suratno, J., Utami, N. W., & Hamid, H. (2016). Konsep Kekekalan Bilangan dan substansi: Percobaan Pembuktian teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).
Takaria, J. (2019). Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang melalui Hukum Kekekalan Isi. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 7(1), 1-11.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 316-327.