Penelitian Sederhana Untuk Membuktikan Teori Jean Piaget Mengenai Hukum Kekekalan Banyak pada Anak-Anak

Main Article Content

Krisna Nanda Indi Pradana

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan salah satu pusat perhatian pendidikan matematika dan sains. Untuk mewujudkan perkembangan kognitif yang baik dapat dilakukan  dengan mengkaji teori-teori perkembangan kognitif yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Salah satunya yaitu teori hukum kekekalan banyak. Hukum ini baru dapat dipahami oleh anak kira-kira umur 6−7 tahun, bahkan kadang kala umur 5−6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif anak usia 6-7 tahun dalam memahami hukum kekekalan bilangan dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah satu anak dengan usia 5 tahun, satu anak usia 6 tahun, satu anak usia 7 tahun, dan satu anak usia 8 tahun. Adapun instrumen non-test yang digunakan berupa wawancara yang dipadukan dengan percobaan sederhana. Wawancara dan percobaan sederhana dalam penelitian ini memanfaatkan dua buah gambar yang berbeda.  Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah tiga dari empat orang anak belum memahami hukum kekekalan banyak. Jadi, bisa disimpulkan bahwa perkembangan anak tidak selalu sesuai dengan teori piaget.

Article Details

How to Cite
Pradana, K. (2023). Penelitian Sederhana Untuk Membuktikan Teori Jean Piaget Mengenai Hukum Kekekalan Banyak pada Anak-Anak. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 342-345. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66932
Section
Articles

References

Alhaddad, I. (2012). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31-44.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi, IX(1), 37-50.
Hindun, S., & Ruseffendi, E. T. (2018). Apakah Teori Perkembangan Kognitif Berlaku di Indonesia? UJMES, 3(2), 99-103.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Peserta Didik Kelas I dan II dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 316-327.