Analisis Penerapan Teori Piaget Pada Anak Usia 9-10 Tahun Mengenai Hukum Kekekalan Berat
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian teori Piaget tahap operasional-konkret dan penerapan konsep hukum kekekalan berat pada anak usia 9-10 tahun yang ada di lingkungan sekitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Kegiatan utamanya: (1) menerapkan hukum kekekalan berat, kemudian anak diberi objek yang berkaitan dengan kekekalan berat. (2) dianalisis pemahaman hukum kekekalan berat. (3) dipilih subjek penelitian sebanyak lima anak. (4) subjek penelitian diwawancarai. Penelitian dilaksanakan secara daring dan luring. Hasil penelitiannya: dari lima subjek, didapatkan dua subjek (usia 9 tahun dan 12 tahun) sudah memahami mengenai hukum kekekalan berat. Kesimpulan: ternyata penerapan teori Piaget mengenai hukum kekekalan berat sudah sesuai dengan anak usia 9-10 tahun pada tahap operasional-konkret.
Article Details
References
Ramlah. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret pada Hukum Kekekalan Materi. Formatif: Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(2), 218-230. https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.214
Somakim. Konsep Dasar Teori Belajar Dienes. Retrived from: https://text-id.123dok.com/document/dy4m7np5y-hukum-kekekalan-berat-9-10-tahun-hukum-kekekalan-isi-14-15-tahun.html.
Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yayuk,E. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.